Puasa Tetap Sehat, Inilah 3 Waktu Terbaik untuk Olahraga di Bulan Puasa

via hellosehat.com

Serumpi.com – Bulan Ramadhan merupakan bulan istimewa yang kerap disebut sebagai satu dari seribu bulan. Dibukanya pintu ampunan serta banyaknya nilai pahal dari setiap perbuatan baik yang dilakukan oleh manusia membuat bulan Ramadhan begitu banyak mendatangkan berkah.

Tak heran, kalau di bulan suci yang penuh berkah ini hampir semua orang muslim selalu berlomba-lomba dalam kebaikan. Mulai dari sholat, puasa, shodaqah, olahraga, bahkan tidur pun menjadi bagian dari ibadah yang berbuah berkah.

Nah, ngomongin soal berolahraga di bulan puasa, pasti timbul banyak pertanyaan mungkinkah melakukan olahraga di bulan puasa? sedangkan kondisi perut kosong dan energi yang tidak stabil membuat tubuh menjadi lemas?

Melansir dari brilio.net, Dokter Andhika Raspati dari PPFS Kedokteran Olahraga Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), sering membagikan konten-konten menarik mengenai olahraga di akun Instagram pribadinya, @dhika.dr. Dia pun menuliskan waktu terbaik berolahraga selama puasa Ramadhan dan masing-masing risikonya.

Baca Juga: Bukan Cuma Kurma, 5 Buah ini Juga Jadi Favorit Rasulullah SAW untuk Buka Puasa

Doker muda tersebut menjelaskan dalam unggahan terbarunya, bahwa ada tiga waktu yang bisa dipilih untuk berolahraga; pagi setelah sahur, tepat menjelang berbuka, atau setelah berbuka puasa.

Pasalnya, dibanding dua waktu lainnya berolahraga setelah waktu berbuka akan memberikan sedikit keuntungan. Keuntungannya yakni tingkat kesediaan energi dan cairan tubuh sudah meningkat kembali. Pada kondisi seperti ini, latihan pada intensitas berat sekalipun diperbolehkan.

via hellosehat.com

Meski demikian, Dhika menyarankan agar memberi jarak antara waktu berbuka dengan latihan guna menghindari terjadinya ketidaknyamanan pada lambung. Apalagi, bagi orang dengan yang suka makan dalam porsi saat buka puasa. Kondisi ini dianjurkan untuk menghindari kram pada perut yang masih dalam proses pencernaan makanan.

Nah, sudah bukan lagi alasan berpuasa menjadi malas berolahraga. Usut punya usut, olahraga yang dilakukan pada bulan puasa juga berperan untuk meningkatkan stabilitas tubuh di siang haro saat menjalankan ibadah puasa lho!!