4 Fakta Menarik Tentang Blue Java Banana, Buah Pisang Warna Biru yang Memiliki Rasa Seperti Es Krim Vanilla

via idntimes.com

Serumpi.com – Indonesia adalah negara dengan iklim tropis, inilah yang menyebabkan alam yang sangat kaya dengan keanekaragaman flora serta faunanya, termasuk jenis buah-buahan seperti pisang. Jika selama ini sering melihat buah pisang berwarna hijau lalu menguning ketika matang, saat  buah pisang dengan kulit berwarna biru. Buah yang diberi nama Blue Java Banana ini merupakan varietas pisang dengan warna biru yang sangat unik.

via idntimes.com

Melansir dari idntimes.com, berikut ini fakta tentang pisang biru yang tengah fenomenal.

1. Tumbuh dengan baik di dataran tropis

via idntimes.com

Blue Java banana sebenarnya bukan jenis varietas pisang baru. Jenis pisang ini sudah lama ditanam oleh petani pisang di Hawai bahkan sejak tahun 1920-an. Meskipun memiliki nama tengah Java, pisang biru ini bukan berasal dari pulau Jawa di Indonesia, melainkan dari Hawaii dan terbukti bisa tumbuh dengan baik di daerah beriklim tropis yang cenderung dingin. Pisang yang bisa panjang hingga 18 cm ini cukup toleran dan tahan dengan suhu dingin.

2. Disebut ice cream banana

via idntimes.com

Blue Java banana kerap disebut ice cream banana atau pisang es krim. Karena memiliki rasa mirip es krim vanila dengan tekstur sangat lebut dan creamy.

3. Bagian dalam tak berwarna biru

via idntimes.com

Memiliki kulit bagian luar berwarna biru cerah, ternyata bagian dalam atau daging pisang ini tidak berwarna biru. Bagian dalam buah pisang tetap memiliki warna seperti buah pisang umumnya yaitu cream kekuningan.

4. Mengandung banyak vitamin dan nutrisi

via idntimes.com

Selain warna yang cantik dan enak, Blue Java banana memiliki kandungan manfaat yang melimpah. Pisang ini terbukti mampu menjaga kesehatan jantung karena banyak mengandung kalium yang mampu menurunkan tekanan darah. Pisang ini kaya kandungan vitamin B6.