Jadi Favorit Saat Berbuka, Makanan ini Ternyata Berbahaya Bagi Tubuh Jika Terus Menerus Dikonsumsi

via merdeka.com

Serumpi.com – Usai menjalani ibadah puasa selama sehari, buka puasa menjadi momen yang paling ditunggu oleh semua orang. Beragam menu sudah pasti disajikan di meja untuk menyambut momen berbuka tersebut. Mulai dari makanan pokok hingga beragam camilan, meja makan praktis berubah menjadi tempat istimewa ketika bedug maghrib berkumandang.

Nah, ngomongin soal menu buka puasa, biasanya orang akan memilih menu favorit mereka. Mulai dari minuman favorit hingga camilan favoritnya, bakal disajikan sebagai menu penggugah selera saat berbuka. Salah satu menu favorit yang masih menjadi pilihan orang Indonesia adalah gorengan.

Disebut sebagai makanan yang super murah meriah, gorengan rasanya tak pernah absen dari menu buka puasa orang Indonesia. Namun sayang, ternyata gorengan memiliki dampak yang kurang sehat bagi kesehatan, terlebih bagi mereka yang terlalu sering mengonsumsinya setiap berbuka.

Baca Juga: Bukan Cuma Kurma, 5 Buah ini Juga Jadi Favorit Rasulullah SAW untuk Buka Puasa

Melansir dari health.com, mengonsumsi makanan atau minuman manis dan gorengan secara berlebihan dapat memicu masalah berat badan naik saat puasa. Pasalnya, makanan berminyak dan bersantan rentan diolah oleh perut sehingga berujung pada timbunan lemak membandel pada tubuh. Rahasia tubuh tetap langsing saat puasa adalah menghindari makan gorengan, demikian seperti yang dikatakan oleh ahli gizi dari Vivafit, Kurniasih Ageng Pratiwi.

via instagram.com

Penyebab berat badan naik saat puasa seringkali dipicu oleh jenis makanan yang Kamu makan seperti berminyak, berlemak, dan terlalu manis,” jelasnya.

Paham soal kebiasaan makan gorengan yang masih banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia, Nia berbagi cara meminimalisasi dampak makanan gorengan pemicu kegemukan.

Bila tidak dapat menghindari makan gorengan, cukup makan hanya satu buah saja, serap minyak gorengan tersebut dengan tisu makan atau kertas pembungkus makanan yang mengandung penyerap minyak.” imbuhnya lagi.