Ini Dia Tips Tepat Jalani Puasa Bagi Ibu yang Sedang Hamil

via buahatiku.com

Serumpi.com – Banyak orang yang bertanya-tanya, akankah saat hamil seorang ibu boleh tetap menjalankan ibadah puasa? Sebenarnya ibadah puasa bagi ibu hamil hukumnya adalah sunnah. Tetapi jika sang ibu merasa kuat untuk menjalankannya, maka tak apa jika dilakukan. Namun harus tetap berkonsultasi pada dokter yang menangani.

Selain itu, sebagai ibu hamil maka kamu harus memilih jalan puasa yang aman serta nyaman. Tentu tak ingin bukan kesehatan jadi terganggu? Terlebih sampai mengganggu perkembangan janin. Oleh karena itu, kamu perlu menjalankan beberapa tips berikut ini. Berikut tips aman berpuasa bagi ibu hamil.

1. Asupan Karbohidrat Kompleks

via kemas-id.com

Jika kamu hendak menjalani puasa saat hamil, maka kamu disarankan untuk melakukan sahur. Hal tersebut dilakukan agar gizi yang disalurkan untuk sang janin tetap terjaga. Ibu hamil yang melakukan puasa akan merasa lebih cepat kelaparan.

Pasalnya, asupan gizi yang masuk dibagi dua dengan si jabang bayi. Ibu hamil dapat menyiasati hal tersebut dengan konsumsi jenis karbohidrat kompleks sewaktu sahur. Sehingga pada siang hari kamu tak mudah lapar.

2. Teguk Air Putih dengan Cukup

via prenagen.com

Air memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Terlebih saat menjalankan ibadah puasa. Kamu dianjurkan  untuk memperhatikan konsumsi air putih, baik selama sahur ataupun berbuka. Hal tersebut untuk mencegah agar tak terjadi dehidrasi selama menjalankan ibadah puasa.

3. Perhatikan Kandungan Serat

via priceza.co.id

Kamu bisa mengkonsumsi sayur dan buah untuk memenuhi kebutuhan serat saat puasa. Serat akan membantu melancarkan organ pencernaan. Jika BAB tak lancar maka bisa mengakibatkan wasir lho!

4. Konsumsi Madu

via tribunnews.com

Bagi ibu hamil juga dapat mengonsumsi madu saat sahur ataupun berbuka. Dengan konsumsi madu maka metabolisme dalam tubuh akan jauh lebih seimbang. Kamu pun tak akan cepat lemas dikala puasa. Selain itu kelembapan tubuh juga akan terjaga. Alhasil kamu tidak akan mudah dehidrasi.

5. Hindari Konsumsi Makanan Pedas

via blog.gotomalls.com

Makanan dengan cita rasa pedas memang sangat menggugah selera. Tetapi hal tersebut tak disarankan untuk ibu hamil. Makanan pedas akan menjadi pemicu terjadinya kontraksi. Oleh karena itu hindari konsumsi makanan bercita rasa pedas.

6. Istirahat Cukup

via fimela.com

Saat sedang berpuasa pasti tubuh akan merasa lebih mudah letih. Maka dari itu kamu wajib istirahat secara cukup. Sehingga tubuh tak akan drop selama menjalankan ibadah puasa.

7. Minum Susu

via madubima99.com

Susu memiliki nutrisi penting yang sangat baik bagi ibu dan anak yang ada di kandungan. Terlebih susu juga dapat menambah tenaga serta energi. Kamu bisa mengkonsumsinya selagi sahur atau berbuka.

8. Hindari Membuat Perut Kaget

via buahatiku.com

Ketika menjalankan ibadah puasa seringkali kita akan digoda oleh aneka makanan. Sehingga dengan gelap mata kita membelinya. Usahakanlah untuk mengkonsumsi makanan dengan perlahan. Mulai dengan buah, seperti kurma. Kemudian secara berangsur-angsur baru konsumsi jenis makanan berat. Hal ini agar perut tak merasa kaget.

9. Jangan Berbuka Dengan Minuman Dingin

via kompas.com

Perlu diketahui jika ibu hamil yang berpuasa berbuka dengan minum air dingin maka dapat membuat asam lambung meningkat. Hal tersebut disebabkan karena perut sedang berada di kondisi kosong karena tak diisi seharian. Sebaiknya awali berbuka dengan buah atau jus alami buatan sendiri.

10. Konsumsi Kurma

via erabaru.net

Kurma memiliki kandungan vitamin B1 yang bisa mengendalikan gerak rahim. Sehingga agar pertumbuhan janin dapat terjaga, maka ibu hamil bisa mengkonsumsi kurma. Baik untuk sahur ataupun berbuka.

11. Jangan Langsung Menyantap Makanan Manis

via okezone.com

Tak hanya tidak dianjurkan untuk makan sekaligus dalam porsi banyak saja. Melainkan kamu juga dianjurkan untuk tak menyantap makanan dengan cita rasa manis secara langsung. Terlebih jika makanan atau minuman tersebut memiliki kandungan pemanis buatan.

Sebaiknya santap makanan yang memiliki pemanis alami, seperti madu, kurma atau buah lain.