Jadi Buronan Selama Ramadan, Sebenarnya Labu Kuning Termasuk Buah atau Sayur? Cek Faktanya!!

via bukalapak.com

Serumpi.com – Memiliki tekstur lembut dan dan warna yang menggoda membuat labu kuning begitu banyak digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Tak hanya itu, labu kuning juga disebut serbaguna lantaran bisa diolah dalam berbagai bentuk sajian berbuka puasa.

Kandungan gizinya yang tinggi membuat labu kuning juga masuk dalam daftar makanan yang sangat direkomendasikan untuk menu berbuka puasa. Disandingkan dengan pisang, singkong, kolang-kaling, dan beberapa makanan lainnya, labu kuning biasa diolah menjadi kolak yang super lezat.

Nah, ngomongin soal labu kuning, rupanya ada yang menarik dari makanan satu ini. Ya, pasalnya sejauh ini masih banyak yang bingung menggolongkan labu kuning. Memang, beberapa orang menyebut labu kuning sebagai buah, namun tak sedikit pula yang menganggap labu kuning sebagai sayur. Lalu termasuk golongan apakah sebenarnya labu kuning? buah atau sayur?

Baca Juga: 5 Negara ini Dikenal Indah Tapi Selalu Sepi Wisatawan, Ada yang Aneh?

Melansir dari idntimes.com, sering kali terjadi perdebatan apakah pumkin atau labu kuning termasuk buah atau sayur?  Nah, jika ada yang bertanya-tanya apakah labu itu buah atau sayur, Jawabannya adalah buah. Labu termasuk dalam famili Squash (labu-labuan) dan famili Cucurbita (timun-timunan). Jadi, mentimun juga termasuk dalam kelompok ini.

Penamaan untuk buah dimulai dari orang Yunani, dengan memberi nama Pepon yang mempunyai arti “melon besar”. Namun diubah oleh orang Prancis, kemudian Inggris dan akhirnya oleh koloni Amerika yaitu Pumkin yang kamu kenal saat ini.

via instagram.com

Usut punya usut, Antartika merupakan satu-satunya benua yang tidak bisa menumbuhkan buah labu ini. Namun di Alaska, meskipun daerah ini memiliki cuaca dingin, buah labu dapat berhasil tumbuh dengan baik. Labu sendiri merupakan tanaman asli daratan Amerika yang telah dibudidayakan oleh suku Indian Amerika selama 5000 tahun lamanya, dan menjadi satu sumber makanan dari suku ini.

Lalu saat koloni Amerika datang ke dataran Amerika, buah ini diambil dan disebarluaskan ke seluruh penjuru dunia dan diberi nama sendiri oleh koloni Amerika. Kini, labu sudah bisa dinikmati oleh masyarakat di seluruh dunia lantaran bisa dengan mudah tumbuh dimana saja.

Perlu diketahu, labu kuning memiliki kandungan vitamin yang cukup kompleks dan sangat baik dikonsumsi oleh segala umur. Bahkan di beberapa negara, labu kuning dijadikan sebagai bahan baku pembuatan makanan khusus bayi. Bukan hanya dagingnya, biji pada labu kuning juga biasa diolah menjadi makanan kegemaran sejuta umat yang tak lain adalah kuaci.