Bukan Cuma Salat Tarawih, 5 Salat Sunah Ini Juga Dianjurkan untuk Dilaksanakan di Bulan Ramadan

via dream.co.id

Serumpi.com – Dikenal sebagai bulan yang penuh dengan berkah, bulan Ramadan memang sarat dengan beragam amalan yang berbuah pahala. Selain berpuasa seharian menahan haus dan lapar, segala amal baik yang dilakukan di bulan puasa pun selalu lekat dengan balasan pahala.

Ada beragam jenis amalan yang biasa dilakukan saat bulan Ramadan tiba. Mulai dari amalan wajib hingga amalan sunah, Allah sudah menjanjikan jika setiap hembusan nafas orang yang berpuasa selalu dihitung sebagai bentuk ibadah.

Nah, salah satu amalan yang biasa dilakukan saat bulan Ramadan adalah ibadah shalat tarawih. Dilaksanakan setiap usai sholat isya’, tarawih merupakan ibadah sholat yang hanya dilakukan setiap bulan Ramadan. Meski selama ini yang dikenal biasa dilakukan adalah shalat tarawih, ternyata ada bebepa shalat sunnah yang juga dianjurkan untuk dilaksanakan pada saat bulan Ramadan.

Melansir dari fimela.com, selain diwajibkan untuk berpuasa, penting bagi umat muslim untuk memperbanyak ibadah lain seperti mendirikan shalat sunah, bersedekah, mengaji Alquran, dzikir dan masih banyak lagi. Mengenai shalat sunah, selain shalat Tarawih ada banyak shalat sunah yang disarankan untuk didirikan selama Ramadan. Apa saja? yuk simak ulasannya!!

Baca Juga: Jadi Buronan Selama Ramadan, Sebenarnya Labu Kuning Termasuk Buah atau Sayur? Cek Faktanya!!

1. Shalat Tahajjud

via ruangmuslimah.com

Shalat Tahajud merupakan shalat yang didirikan setelah tidur di malam hari. Adapun rakaat paling sedikit dari shalat Tahajud adalah 2 rakaat. Memiliki hitungan pahala berlimpah, shalat tahajud dianjurkan untuk dilaksanakan di sepertiga malam atau sebelum waktu sahur tiba.

2. Shalat Taubat 

via zakat.or.id

Shalat Taubat merupakan shalat yang dilakukan untuk meminta ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa dan kesalahan. Mendirikan shalat taubat di bulan Ramadan besar kemungkinannya untuk dikabulkan mengingat bulan ini adalah bulan penuh ampunan dan kemuliaan.

3. Shalat Hajat

via NUonline.com

Shalat hajat merupakan shalat yang dilakukan untuk memohon agar hajat atau keinginan dikabulkan Allah SWT. Shalat hajat bisa dilakukan di siang maupun malam hari. Namun waktu terbaik adalah sepertiga malam terakhir. Adapun rekaat paling sedikit darinya adalah dua rakaat dan paling banyak 12 rekaat dengan setiap dua rakaat sekali salam.

4. Shalat Dhuha

via dream.co.id

Shalat Dhuha merupakan shalat yang dikerjakan di pagi hari setelah matahari naik. Shalat Dhuha dipercaya bisa memperlancar rezeki dan menghapus dosa. Shalat Dhuha bisa dikerjakan sebanyak 2 rakaat hingga 12 rakaat.

5. Shalat Witir

via islam.com

Shalat witir merupakan shalat sunah muakkad yang dianjurkan untuk rangkaian penutup shalat sunah terlebih untuk shalat tarawih. Shalat witir biasanya dikerjakan dengan 3 rakaat baik dengan dua salam atau pun dengan satu salam.