Mengintip Ragam Menu Berbuka Puasa Ramadan di Berbagai Belahan Dunia, Ada yang Unik!!

via fimela.com

Serumpi.com – Waktu berbuka selalu menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh orang yang tengah menjalankan ibadah puasa. Setelah seharian menahan lapar dan haus, kumandang bedug maghrib ibarat oase yang hadir di tengah kemarau panjang.

Ngomongin soal berbuka puasa, ternyata di setiap belahan dunia memiliki ragam menu buka puasa yang berbeda lho. Mulai dari yang super istimewa hingga menu unik, beberapa negara ada yang memiliki tradisi menarik untuk menyiapkan menu berbuka mereka.

Seperti yang dilansir dari fimela.com, sejauh ini kurma memang menjadi buah wajib di hampir seluruh negara di dunia sebagai menu berbuka puasa. Meskipun begitu, masih ada banyak lagi hidangan takjil khas Ramadan yang unik dan menggiurkan di belahan dunia lain. Penasaran bagaimana menu istimewa untuk berbuka di berbagai belahan negara? yuk intip ulasannya!!

Baca Juga: Bukan Cuma Salat Tarawih, 5 Salat Sunah Ini Juga Dianjurkan untuk Dilaksanakan di Bulan Ramadan

1. Pakistan

via tribunnews.com

Selain kurma, masyarakat Pakistan selalu menyuguhkan Bakora, makanan yang terbuat dari kentang yang dicampur dengan rempah-rempah khas daerah setempat untuk berbuka. Tak hanya itu, Roh Afza, jus yang terbuat dari sayu-sayuran dan buah juga menjadi menu wajib saat berbuka.

2. India

via lifestyle.com

Masyarakat Muslim India memiliki menu spesial Ramadan yang disebut Dahi Bhdi, makanan mirip dengan falafel dengan yogurt dan lentis rebus. Mereka juga melengkapi menu berbuka dengan sup yang disebut gingi, terbuat dari tepung beras dan sedikit daging serta rempah-rempah khas India.

3. Jepang

via savorjapan

Umat Muslim di Jepang menyantap hidangan sayur-mayur yang dinamakan Kaiseki sebagai menu wajib berbuka mereka. Nah, sebagai pelengkap menu sehat, mereka juga biasanya meminum jus dan acar yang dikenal dengan Tsukimono.

4. Uzbekistan

via fimela.com

Di Uzbekistan, buka puasa biasanya digelar bersama-sama. Tamunya bukan hanya 5-6 orang, tetapi bisa sampai 100 orang! Para pemilik rumah pun akan menyajikan daging domba yang mereka sembelih sendiri.