Sahur Pakai Mie Instan, Praktis Tapi Lihat Dulu Resikonya Bagi Kesehatan

via yothmanual.com

Serumpi.com – Sahur dengan mie instan memang sangat praktis, terlebih lagi mie instan tersedia dalam beragam rasa yang menggugah selera. Namun, jangan dulu memburu praktis serta rasanya yang memanjakan lidah. Kenali dulu resikonya bagi kesehatan.

Para ahli tak pernah menyarankan mengkonsumsi mie instan sebagai menu sahur. Meskipun Anda telat bangun dan menilai mengolah mie sebagai cara paling cepat menyediakan makanan.

Mie instan menggunakan bahan dasar tepung yang berarti dipenuhi dengan kandungan karbohidrat yang mudah dicerna. Jika dijadikan menu sahur dan tak dibarengi dengan menu makanan lain, tentu saja hal ini akan membuat tubuh lebih mudah lapar. Parahnya lagi, mie instan mengandung bahan pengawet dan msg yang sudah terbukti buruk untuk kesehatan.

Baca Juga : Mengintip Ragam Menu Berbuka Puasa Ramadan di Berbagai Belahan Dunia, Ada yang Unik!!

Sangat minim gizi, mengkonsumsi mie instan saat sahur juga beresiko membuat tubuh terasa lemas. Hal ini sebenarnya bisa dihindari dengan menambahkan sayur dan protein dalam sajian mie instan. Namun, hal ini tak berarti Anda boleh terus-menerus mengkonsumsi mie instan dengan tambahan protein serta sayur. Terlalu banyak mie instan juga tak baik bagi sistem pencernaan.

Sedangkan menyantap mie instan saat berbuka juga memiliki bahaya yang tak kelah besarnya. Mie instan mengandung karbohidrat tinggi yang berpotensi membuat bobot tubuh naik serta memicu kenaikan gula darah.

Makanan yang paling tepat untuk menu sahur adalah kelompok makanan berserat dan protein. Kelompok makanan ini akan tinggal lebih lama dalam lambung sehingga membuat perut kenyang lebih lama.

via tribunnews.com

Meski banyak bahaya mengkonsumsi mie instan saat sahur dan berbuka, bukan berarti Anda tak boleh mengkonsumsisnya sama sekali. Anda tetap bisa mengkonsumsi mie instan sebagai pengganti nasi serta mengkonsumsinya bersama protein serta sayur. Namun, tetap saja konsumsinya harus dibatasi karena kandungan pengawet dan msg di dalamnya.