Semangat Ibadah Tak Meluntur Meskipun Suasana Mencekam, Begini 10 Potret Ramadhan di Palestina

via idntimes.com

Serumpi.com – Ramadan menjadi bulan yang suci dan penuh berkah untuk umat islam diberbagai belahan dunia. Berbagai perayaan digelar untuk menyambut kedatangan bulan Ramadhan. Tak terkecuali bagi warga Palestina yang selalu menunggu keberkahan bulan Ramadan.

Ditengah konflik yang kian memanas, mereka berdoa dan berharap keselamatan bagi seluruh warga Palestina. Melansir dari idntimes.com, seperti inilah bulan Ramadan di tengah-tengah konflik antara Palestina dan Israel?

1. Suasana sehari sebelum ramadhan

via idntimes.com

Tepat sehari sebelum ramadhan, Palestina dibombardir serangan rudal. Serangan tersebut telah menewaskan 4 warga Israel dan 19 warga Palestina. Korban yang berjatuhan dari setengahnya merupakan warga sipil.

2. Serangan mereda di awal bulan Ramadan

via idntimes.com

Mesir melakukan lobi untuk menengahi genjatan senjata. Pemerintah Palestina dan Israel lantas sepakat melakukan gencatan senjata selama bulan ramadhan. Gencatan senjata  dilakukan 04.30 pagi pada hari Senin tepat pada bulan Ramadan.

3. Suasana pasar Al Zawiya, Gaza

via idntimes.com

Suasana seikit aman. warga Palestina melanjutkan aktivitasnya seperti biasa. Pasar Al Zawiya merupakan salah satu pasar yang rame di Gaza saat bulan Ramadan.

4. Suasana Gerbang Damaskus

via idntimes.com

Suasana ramadhan disambut antusias dan gembira oleh warga Palestina. Mereka berkumpul, bercengkrama di Gerbang Damaskus. Walaupun begitu, kegembiraan tidak berlangsung lama karena tentara Israel membersihkan area tersebut pada jam tertentu.

5. Suasana Gerbang Damaskus dijaga tentara Israel

via idntimes.com

Gerbang Damaskus merupakan salah satu pintu yang masih dibuka untuk warga Palestina agardapat masuk ke kawasan masjid Al-Aqsa. Di Gerbang Damaskus dibangun pos pemantauan tepatnya sehari setelah Presiden Trump mengakui Al-Quds i ibukota Israel. Kini, siapapun yang lewat harus diperiksa oleh tentara Israel.

6. Moment Buka Bersama

via idntimes.com

Buka bersama adalah hal mewah bagi warga Palestina, meskipun mereka berbuka di lahan terbuka di samping runtuhan rumah yang hancur akibat rudal dan bom.

7. Berbuka dimana saja

via idntimes.com

Banyak sekali rumah dan bangunan yang hancur akibat perang ini. Keluarga ini, harus rela duduk diatas karpet diatas rumah mereka yang telah hancur. Namun kenikmatan berbuka bersama masih terlihat dari antusias anak kecil dalam foto tersebut.

8. Suasana di kamp khusus untuk warga yang diamputasi

via idntimes.com

Warga Palestina yang terluka dan diamputasi ditempatkan dan berkumpul dalam satu gedung hancur. Mereka berbuka puasa dengan penuh keterbatasan baik secarakeadaan maupun fisik.

9. Tetap semangat beribadah

via idntimes.com

Masjid Agung Omari di jalur Gaza atau Masjid Raya Gaza adalah masjid terbesar dan tertua di jalur Gaza. Meskipun suasana masih dalam keadaan mencekam,namun masjid ini tetap dipenuhi orang-orang untuk beribadah. Bahkan siang hari banyak warga membaca Alquran sedangkan malam hari banyak warga melakukan i’tikaf di sana.

10. Sholat Jumat di Baitul Maqdis

via idntimes.com

Warga Palestina menjalankan salat Jumat pertama di bulan suci Ramadhan di Baitul Maqdis. Dan seperti inilah suasana jumat pertama di Baitul Maqdis.