Jarang Disadari, 4 Gejala Kanker Darah ini Kerap Terlewat dari Perhatian Medis

via suara.com

Serumpi.com – Hingga detik ini, kanker masih menjadi salah satu penyakit yang kerap menyebabkan kematian bagi masyarakat Indonesia. Bersifat melumpuhkan sel-sel imun dan menyerang daya tahan tubuh, penderita kanker memang harus berjuang ekstra untuk bisa sembuh dari penyakit yang dideritanya.

Salah satu jenis kanker yang dianggap bersifat ganas dan menjadi penyebab tertinggi kematian adalah kanker darah. Menyerah sistem produksi darah, pasalnya kanker darah bisa berkembang sangat pesat dalam waktu yang singkat.

Sayangnya, meski dikenal sebagai salah satu jenis penyakit mematikan, namun gejala kanker darah sendiri hingga saat ini masih kerap terlewatkan. Beberapa penderita bahkan diketahui mengidap kanker darah saat sudah berada pada stadium lanjut.

Seperti yang dilansir dari health.com, penyakit kanker darah disebut oleh Harvard Medical School sebagai salah satu dari lima kanker paling mematikan di dunia. Dilaporkan Express, kanker darah merupakan istilah yang merujuk pada serangan kanker yang memengaruhi kondisi darah, sumsum tulang, serta sistem limfatik. Meski, gejala kanker darah seringkali tidak jelas, ada beberapa tanda umum yang menjadi pertanda kanker darah.

Baca Juga: Jangan Asal Pilih, Yuk Kenali Buah-buahan yang Baik dan Tidak Baik Dimakan Saat Puasa

1. Anemia

via health.com

Anemia merupakan salah satu gejala kanker darah yang paling mudah terdeteksi namun kerap tidak disadari oleh penderitanya. Kondisi tersebut disebabkan adanya kekurangan zat besi yang dapat muncul dengan sendirinya sebagai respons atas kekalahan akut dalam jangka waktu tertentu.

2. Berat Badan Turun

via fimeal.com

Berat badan seorang yang diduga memiliki kanker darah biasanya menurun drastis. Kondisi tersebut terjadi lantaran adanya pembelahan sel yang menghabiskan banyak energi. Sebagai konsekuensinya, berat badan menurun secara signifikan dalam waktu relatif singkat.

3. Timbul benjolan

via alodokter.com

Benjolan di leher, ketiak atau selangkangan bisa menjadi tanda bahwa sel darah putih abnormal menumpuk di kelenjar getah bening. Kondisi tersebut biasanya menandakan kondisi tubuh sudah mulai melemah.

4. Muncul ruam

via poskotanews.com

Rendahnya tingkat sel pembekuan darah dapat menyebabkan bintik-bintik merah seukuran pin pada kulit manusia, atau bisa juga memunculkan ruam ungu.