Lebaran Tinggal Menghitung Hari, Perhatikan Sederet Tips ini Agar Tetap Sehat Saat Lebaran

via trubuslife.com

Serumpi.com – Tinggal menghitung hari, umat islam di seluruh dunia bakal disambut dengan datangnya hari raya idul fitri. Menjadi hari kemenangan usai melaksanakan puasan ramadan selama sebulan penuh, kehadiran hari raya idul fitri disambut dengan perasaan suka cita.

Sebagai hari raya yang hanya datang setahun sekali, idul fitri biasanya dijadikan sebagai momen untuk berkumpul bersama dengan keluarga. Tak heran kalau beragam makanan dan sajian menu pun bakal dihidangkan di atas meja.

Sayangnya, meski ada beragam jenis makanan terhidang di atas meja, namun nyatanyata banyak sekali penyakit yang mengintai akibat salah mengonsumsi makanan saat lebaran. Nah, agar terhindar dari beragam penyakit yang bisa menyerang kapan saja, ternyata ada beberapa tips jitu untuk menghindarinya.

Baca Juga: Mengintip Ragam Menu Berbuka Puasa Ramadan di Berbagai Belahan Dunia, Ada yang Unik!!

Melansir dari health.com, saat lebaran, banyak orang yang kalap ketika mengonsumsi makanan enak khas Idul Fitri. Meskipun enak, nyatanya semua orang harus waspada karena makanan khas lebaran seperti opor dan rendang memiliki kandungan lemak yang tinggi.

Hal tersebut yang membuat semua orang harus berhati-hati saat makan makanan khas lebaran agar kondisi badan tetap sehat. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh saat menyantap kuliner lebaran.

1. Bedakan makanan yang berlemak baik dan lemak jahat

via hellosehat.com

Meski sama-sama lemak, lemak jahat biasanya dikandung oleh makanan yang berbau daging. Makanan tersebut harus dikonsumsi dalam jumlah wajar, bukan tanpa alasan lemak jahat menjadi salah satu penyebab naiknya kolesterol pada tubuh.

2. Pilih makanan lebih banyak sayur daripada daging

via klikdokter.com

Memilih makanan yang lebih banyak mengandung sayur saat dianjurkan ketika hari raya. Pasalnya, konsumsi banyak sayur dipercaya mampu menjaga daya tahan tubuh agar terhidar dari penyakit.

3. Memilih lauk pauk yang rendah lemak

via hellosehat.com

Lauk pauk yang rendah lemak seperti ikan, sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat hari raya. Ikan lebih banyak mengandung vitamin daripada lemak, kondisi tersebut membuat ikan lebih sehat dikonsumsi daripada daging.