Tak Usah Takut Gula Darah Naik Meski Santap Kue Lebaran, Begini Kiat Mengatasinya

via tribunnews.com

Serumpi.com – Sudah bukan rahasia lagi jika saat lebaran tiba aneka kue manis disuguhkan sebagai hidangan. Namun, bagaimana jika menderita gula darah tinggi? Apakah artinya tak bisa menyantap kue lebaran?

Tenang, Anda yang memiliki masalah dengan gula darah bisa tetap mencicipi lezatnya kue lebaran dengan trik khusus. Perlu tenaga ekstra untuk mencobanya, namun Anda pasti puas dengan hasilnya.

1. Ganti Tepung Terigu dengan Tepung Rendah Karbohidrat

via tempo.co

Banyak yang mengira jika musuh penderita diabetes hanyalah gula. Padahal, karbohidrat juga tergolong kelompok makanan yag harus dihindari karena akan diubah menjadi gula oleh tubuh.

Oleh karenanya, jika ingin mencicipi kue lebaran Anda bisa mengganti tepung terigu dengan tepung kelapa atau tepung almond yang lebih rendah karbohidrat namun kaya protein. Tapi ingat, tetap campurkan sedikit tepung terigu karena tekstur tepung kelapa dan tepung almond yang kasar.

2. Ganti Mentega dengan Minyak Canola

via resepkoki.id

Mentega memiliki kandungan lemak jenuh yang tak baik untuk tubuh. Untuk menghindari resiko kesehatannya, ganti mentega dengan minyak canola.

Baca Juga : Lebaran Tinggal Menghitung Hari, Perhatikan Sederet Tips ini Agar Tetap Sehat Saat Lebaran

3. Ganti Gula dengan Pemanis Lainnya

via helosehat.com

Agar bisa memakan kue lebaran tanpa was-was dengan gula darah, Anda bisa mengganti gula pasir dengan gula khusus penderita diabetes. Alternatif lain adalah dengan membuat kue yang memiliki rasa tak terlalu manis, misalnya saja kastangel atau nastar dengan isian selai full buah alami tanpa pemanis.

Itulah tadi cara mencegah gula darah naik meski menyantap kue lebaran. Jika memang sangat ingin mengkonsumsi kue lebaran yang disajikan saat bertamu, Anda tetap boleh mengkonsumsinya. Namun ingat, batasi konsumsinya karena dalam 100 gram gula sudah mengandung 360 kalori. Padahal, tubuh hanya memerlukan 1.000 kalori untuk wanita dalam satu hari dan 2.500 kalori harian untuk pria.