Awas Jangan Sampai Kalap, Berikut Tips Mengelola Uang THR Agar Berfaedah

via blog.id

Serumpi.com – Siapa yang nggak kenal dengan tunjangan hari raya atau yang lebih akrab disebut THR? Yap, THR biasanya diberikan menjelang lebaran tiba. Diibaratkan sebagai rezeki tak terduga, banyak orang yang akhirnya membelajakan uang THR tanpa perhitungan.

Nah, untuk menghindari uang THR yang tidak bermanfaat, seharusnya selalu memperhatikan antara kebutuhan dan keinginan. Momen lebaran seperti saat ini biasanya memang lekat dengan menghambur-hamburkan uang, mulai untuk membeli beragam kebutuhan hingga tuntutan gaya hidup saat berkumpul bersama keluarga atau sahabat.

Seperti yang dilansir dari Yukepo.com, uang THR kerap disalahgunakan lantaran biasa turun bersamaan dengan gaji bulanan. Nah, untuk mengelola uang THR agar tidak habi sia-sia sebenarnya ada trik jika yang bisa dipraktekkan oleh siapa saja.

Salah satu syarat penting dalam mengelola THR adalah bedakan antara keinginan dan kebutuhan saat belanja. Pasalnya, semakin banyak uang maka semakin banyak pula keinginan untuk membeli segala hal yang dijual. Berikut tips mengelola uang THR yang bisa dicontek sebelum uang THR habis tak bersisa.

Baca Juga: Sederet Negara ini Punya Tradisi Khusus Sambut Lebaran, Dari Unik sampai Antimainstream

1. Catat pengeluaran dan bedakan berdasarkan skala prioritas

via blog.id

Mencatat pengeluaran adalah cara untuk menekan uang paling jitu. Dengan mencatat pengeluaran, biasanya keuangan akan mudah terkontrol lantaran akan terlihat dengan jelas berapa saja uang yang sudah dikeluarkan.

2. Dahulukan membayar kewajiban

via detikfinance.com

Ada yang masih punya tanggungan hutang saat uang THR turun? kesempatan emas nih untuk melunasi tanggungan tersebut dengan uang THR tanpa harus mengambil gaji bulanan.

3. Sisihkan untuk orang tua

via tribunnews.com

Menyisihkan uang THR untuk orang tua merupakan hal yang sangat baik untuk dilakukan. Daripada uang hanya terbuang tanpa tujuan, kenapa tidak mulai menyenangkan hati orang tua dengan uang THR?

4. Tabung sebagian

via female.com

Menabung sebagai uang THR juga menjadi pilihan tepat, siapa tahu kebutuhan mendadak di masa depan akan menyulitkan keuangannmu.

5. Bedakan keinginan dan kebutuhan

via lovelife.com

Nah, membedakan antara keinginan dan kebutuhan menjadi poin penting dalam membelanjakan uang THR.