Sederet Negara ini Punya Tradisi Khusus Sambut Lebaran, Dari Unik sampai Antimainstream

via tribunnews.com

Serumpi.com – Tak terasa bulan Ramadan sebentar lagi bakal meninggalkan seluruh umat muslim di dunia. Hari raya idul fitri pun segera tiba sebagai hari kemenangan usai menjalankan serangkaian ibadah selama sebulan penuh.

Menyambut datangnya hari kemenangan, ada banyak hal yang biasa dilakukan oleh seluruh umat muslim di dunia. Kerap dijadikan sebagai momen untuk berkumpul bersama keluarga, momen lebaran memang selalu menjadi momen yang sangat istimewa bagi umat muslim.

Ngomongin persiapan menyambut lebaran, ternyata ada banyak tradisi unik yang biasa dilakukan setiap tahunnya. Mulai dari yang unik hingga antimainstream, kebiasaan unik tersebut selalu saja sukses menambah kebahagiaan jelang hari raya idul fitri.

Melansir dari tribunnews.com, Sebagai bentuk penyambutan akan datangnya hari raya idul fitri, banyak hal yang mulai dipersiapkan oleh umat muslim di penjuru dunia. Pasalnya, D ada banyak sekali tradisi unik yang biasa digelar jelang Idul Fitri di berbagai negara. Penasaran apa saja tradisi unik tersebut? Yuk intip ulasannya!!

Baca Juga: Ketika yang Lain Sibuk Ngolah Sampah, Negara Ini Justru Kekurangan Sampah dan Harus Mengimpornya

1. Eid Habta di Oman

via tribunnews.com

Ada yang menarik dengan tradisi penyambutan lebaran di Oman. Pasalnya, ratusan orang akan berkerumun di pasar hewan tradisional Eid Habta untuk menjual-belikan ternak.  Pada momen tersebut, orang-orang akan berdesak-desakan untuk menawar kambing, domba, dan sapi import. Tradisi Eid Habta sudah dimulai sejak enam hari sebelum Idul Fitri.

2. Henna dan baju baru jelang lebaran di negara timur tengah

via grid.id

Menjadi negara dengan penduduk mayoritas beragama islam, di negara Uni Emirat Arab hingga Bahrain, dari Arab Saudi hingga Oman, semua penduduk memiliki kebiasaan membeli baju lebaran terutama untuk anak-anak. Untuk orang dewasa terutama para wanita akan mempercantik tangan dan kakinya dengan henna, untuk laki-laki akan merapikan rambut dan jenggot di salon.

3. Ziarah leluhur di Tiongkok

via antaranews.com

Nah, untuk masyaratak Tiongkok biasanya mereka menyambut datangnya hari raya idul fitri dengan berziarah ke makam para leluhur mereka.

4. Tokhm-Jangi di Afganistan

via suara.com

Sebagai penanda datangnya hari raya idul fitri, masyarakat Afganistan akan Memecahkan Telur Rebus atau yang biasa disebut dengan Tokhm-Jangi.