Menengok Tradisi Lebaran dari Berbagai Negara, Makanan Khas yang Disuguhkan Bikin Ngiler

via popbela.com

Serumpi.com – Setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa menahan lapar, dahaga, dan hawa nafsu, seluruh umat Islam kembali menjadi suci serta merayakan kemenangannya di hari Fitri. Sudah menjadi tradisi, Idul Fitri dirayakan dengan sangat meriah dan khidmad. Namun dengan kebiasaan dari masin-masing daerah hingga negara.

Dibeda negara, beda budaya, beda cerita, bahkan beda nuansanya. Inilah tradisi Idul Fitri dari berbagai negara yang dilansir dari popbela.com

1. Indonesia

via tribunnews.com

Pada malam Idul Fitri, penduduk setempat, khususnya anak-anak, melangsungkan pawai takbir dengan membawa obor. Ada yang menggunakan kendaraan unik dengan menggelar pawai. Banyak yang menyalakan kembang api dan membuat suasana menjadi lebih meraih. Namun tradisi yang dilakukan diseluruh Indonesia adalah mudik.

2. United Arab Emirate

via popbela.com

Melansir dari Eton Institute, negara-negara Arab mempunyai tradisi Idul Fitri yang tak berbeda jauh berbeda dengan Indonesia. Dihari pertama Hari Raya, seluruh umat Muslim menghabiskan waktu bersama keluarga dan saudara. Setelah salat Ied, dilanjutkan dengan makan siang besar di rumah Nenek dan Kakek di kampung halaman. Makanan khas yangwajib disajikan warga negara Arab ketika Idul Fitri, yaitu Harees (bubur gandum utuh dan daging) dan Balaleet (bihun manis dengan topping telur omelett atau telur goreng).

3. India/Pakistan

via popbela.com

Perempuan-perempuan India menggambar pola Mehendi dekoratif (henna) ditangan mereka sehari sebelum Hari Kemenangan. Makanan khas India yang ada saat lebaran adalah mutton biryani yang pedas dan lezat, dan makanan penutup sheer kurma (puding bihun yang terbuat dari susu, kismis, dan kacang-kacang iris). serta makanan manis lainnya.

4. Turki

via popbela.com

Di Turki, Idul Fitri disebut denan Ramazan Bayrami, dalam bahasa Indonesia berarti Festival Ramadan, atau Seker Bayram.  Penduduk menggunakan pakaian baru yang merujuk pada istilah bayramlik, dan saling mendoakan dengan menyebut ‘Bayramınız Mübarek Olsun’, yang berarti ‘Semoga Idul Fitrimu diberkahi’. Baklava adalah hidangan yang paling dicari ketika momen Idul Fitri.

5. Maroko

via popbela.com

Biasanya perempuan muslim di Maroko menghabiskan waktu sepanjang hari menyiapkan makanan khas seperti Msemen dan Baghrir, jenis pancake untuk sarapan. Keduannya dihidangkan dengan teh mint.