Sering Dibuang Sia-Sia, Rupanya ini 4 Manfaat Air Beras untuk Kecantikan yang Menakjubkan

via liputan6.com

Serumpi.com – Banyak bahan rumahan yang selama ini dianggap sepele tapi justru menyimpan manfaat mengejutkan. Bahkan ada yang selama ini dibuang sia-sia tapi justru memiliki manfaat luar biasa.

Misalnya saja air bekas cucian beras yang selam ini dibuang begitu saja. Padahal, air cucian beras memiliki manfaat yang baik untuk kecantikan kulit, mulai dari pembersih wajah dan bahkan sebagai obat eksim.

1. Pembersih Wajah

via hipwee.com

Air beras dapat bertindak sebagai pembersih wajah alami. Kandungan di dalamnya juga berguna untuk mengencangkan wajah, meringkas pori serta membantu peremajaan. Menariknya, menempelkan air beras pada wajah sebagai kompres juga dapat meringankan peradangan akibat jerawat.

Baca Juga : 3 Bahan Alami ini Rupanya Ampuh Cegah Leukimia, Penyakit yang Sebabkan Kematian Ani Yudhoyono

2. Menguatkan Akar Rambut

via tribunnews.com

Mengandung asam amino, air beras juga dapat digunakan untuk menguatkan air rambut. Air beras juga menjadikan rambut lebih elastis sehingga tak mudah patah.

3. Merawat Kulit Terbakar

via sehatfresh.com

Air beras merupakan bahan alami terbaik untuk mendinginkan kulit yang terbakar sinar matahari. Tak perlu repot, Anda hanya perlu mengompres kulit dengan air beras. Jika memungkinkan, bungkus beras dengan kain dan gunakan untuk menggosok kulit saat mandi. Cara ini berfungsi untuk melembabkan kulit, memperbaiki kerusakan akibat sinar UV serta mencerahkan kulit.

4. Mengobati Eksim

via honestdocs.id

Eksim merupakan penyakit kulit yang seringkali mengganggu karena menimbulkan rasa gatal yang amat sangat serta bekas yang terkesan menjijikkan. Namun, tahukah Anda jika penyakit ini dapat disembuhkan dengan air beras? Caranya, celupkan kapas pada air beras dan tepuk-tepuk pada bagian kulit yang terkena eksim selama beberapa menit. Diamkan setelahnya hingga mengering dan lakukan secara berulang.

Namun ingat, cara alami tak akan menunjukkan hasil instan. Karenanya, Anda harus benar-benar sabar dan telaten jika ingin merasakan manfaat air beras.