Inilah 5 Tumbuhan Paling Berbahaya di Dunia, Salah Satunya Sering Dijumpai di Indonesia

via 123FR.com

Serumpi.com – Tumbuhan merupakan salah satu makhluk hidup ciptaan Tuhan yang memiliki beragam manfaat bagi makhluk hidup lainnya. Sebagai satu-satunya makhluk hidup yang mampu meproduksi oksigen, keberadaan tumbuhan sangat penting bagi keberlangsungan makhluk lain utamanya manusia dan hewan.

Kendati memiliki beragam manfaat bagi manusia dan hewan, nyatanya ada beberapa jenis tumbuhan yang justru sangat berbahaya. Pasalnya, tumbuhan tersebut mengandung racun yang dapat mematikan. Beragam tumbuhan yang tersebar di seluruh penjuru dunia memiliki jenis yang berbeda, tak heran kalau bebera tumbuhan paling berbahaya tersebut hanya bisa ditemui di beberapa wilayah, salah satunya adalah Indonesia.

Melansir dari grid.id, menurut penelitian para pakar dunia, ada 5 tumbuhan paling berbahaya di dunia, yang ternyata 2 diantaranya ada di Indonesia. Bukan sekedar menyebabkan keracunan, pasalnya 5 tumbuhan paling berbahaya di dunia tersebut juga bisa menyebabkan kematian.

Baca Juga: Dulu Kerap Berperan Jadi ART, Begini Penampilan Terbaru Artis ini Usai Dinikahi Keluarga Cendana

1. Actaea Pachypoda

via naturalmedicine.com

Tumbuhan dengan buah berbentuk bulan warna putih dan memiliki titik hitam kecil di bagian tengah ini juga dikenal dengan nama mata boneka. Menurut Missouri Botancial Garden, buah ini memiliki kandungan racun kardiogenik, yang memiliki efek penenang langsung pada jaringan otot.

2. Datura Stramonium

via health.com

Memiliki bunga mirip bentuk terompet berwarna ungu muda ataupun pink. Pasalnya, secara otomatis tumbuhan ini akan mengeluarkan racun apabila bagian tubuhnya terluka.

3. Dendrocnide Moroides 

via nationalgeograpich

Memiliki daun yang lebar berbentuk hati, punya tinggi sekitar 1 hingga 2 meter, umumnya berwarna ungu atau pink pada batang atau buahnya disertai dengan bulu kecil seperti jarum suntik yang menyelimutinya. Tanaman yang memiliki racun moroidin penyebab kematian ini biasa ditemukan di wilayah hutan hujan timur laut Australia dan juga daerah timur Indonesia, khususnya Maluku.

4. Hippomane Mancinella

via YouTube.com

Banyak ditemukan di dataran Spanyol, tumbuhan yang dijuluki dengan pohon kematian ini mengandung getah yang bisa membuat lecet dengan sensasi terbakar serta kebutaan sementara.

5. Ricinus Communis 

via 123FR.com

Merupakan salah satu tanaman yang mudah ditemukan di Indonesia. Ciri khas tumbuhan ini adalah buahnya yang mirip seperti rambutan. Tumbuhan ini bisa dimanfaatkan sebagai minyak namun, tumbuhan jarak ini memiliki kandungan zat ricin yang mematikan.