Mengenal Siti Oetari, Janda Soekarno yang Ternyata Adalah Nenek dari Artis Kondang Tanah Air

via suara.id

Serumpi.com – Soekarno dikenal sebagai salah satu tokoh pejuang yang selalu getol memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Kepiawaiannya dalam berdiplomasi membuat Soekarno begitu disegani oleh seluruh masyarakat Indonesia kala itu. Memiliki jiwa pejuang yang sangat tinggi, pasalnya Soekarno memiliki ciri khas dalam melakukan perjuangan merebut kemerdekaan.

Loading...

Salah satu yang melekat pada diri tokoh plokamator satu adalah jumlah istri yang lebih dari satu. Tak heran, kalau hingga saat ini Soekarno meninggalkan keturunan di beberapa wilayah Indonesia bahkan di luar negeri.

Usut punya usut, pernikahan Soekarno dengan beberapa gadis pada masa itu merupakan salah satu trik untuk mendapatkan kemerdekaan Indonesia. Pendekatan dan diplomasi yang dilakukan oleh Soekarno rupanya berhasil menyatukan kekuatan untuk mendapatkan kemerdekaan Indonesia. Nah, salah satu sosok wanita yang dinikahi oleh Soekarno dan nyaris tak terekspos publik adalah Siti Oetari.

Baca Juga: Asli Bikin Salut, Meski Kesibukan Padat Sederet Seleb Ini Pilih Asuh Anak Tanpa Baby Sitter

Melansir dari grid.id,  Sebagai bentuk balas budi kepada sang guru, Hos Tjokroaminoto, Bung Karno menikahi putri tertuanya yang bernama Siti Oetari pada tahun 1921. Pasalnya, pernikahan ini hanya bertahan dua tahun, karena mereka bercerai pada tahun 1923.

Sukarno bercerita, cintanya kepada Oetari sebenarnya bukan cinta seorang pria kepada wanita. Namun lebih kepada rasa sayang seorang kakak kepada adiknya. Dalam pengakuannya yang lain, dalam buku Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia, Sukarno mengatakan, pernikahannya tersebut terjadi atas dasar balas budi terhadap Tjokroaminoto.

via grid.id

Kami memilih kawin gantung. Orang Indonesia menjalankan cara ini karena beberapa alasan. Dalam hal kami, aku belum berniat hidup sebagai suami-istri, karena dia (Oetari) masih kanak-kanak,” cerita Bung Karno.

Menariknya lagi, Soekarno bahkan mengatakan tidak pernah “menyentuh” Oetari. Istrinya itu tetap dijaganya dalam keadaan suci.

Kami tidur berdampingan di satu tempat tidur, tetapi secara jasmaniah kami sebagai kakak beradik,” ucap Sukarno.

Tak hanya itu, sosok Oetari rupanya merupakan nenek dari artis kondang Tanah Air Maia Estianty. Pasalnya, lepas dari Soekarno Oetari pun menikah dengan seorang pria yang bernama Sigit. Dari pernikahan keduanya lahir sang anak yang bernama Harjono Sigit yang tak lain adalah ayah dari Maia Estianty.