Pantes Perkilo Dihargai Rp 400 Ribu, Ternyata Ini Manfaat Mengejutkan dan Buah Kersen 

via brilio.net

Serumpicom – Buah kersen selama ini mungkin hanya dipandang sebelah mata, dikenal sebagai buah yang bisa tumbuh tanpa harus melalui perawatan khusus, pohon kersen biasa ditaman di pekarangan sebagai tumbuhan peneduh lantaran daunnya yang rindang dan menyejukkan.

Buahnya yang berukuran kecil dan berjumlah sangat banyak tak jarang dibiarkan jatuh begitu saja atau menjadi santapan manis para burung dan kelelawar. Namun belakangan ini, buah kersen sukses naik pasaran lantaran menjadi trending topic dan menjadi buronan para pakar kesehatan khususnya dari luar negeri.

Tak pelak, banyak orang yang bertanya-tanya apa sebenarnya manfaat dari buah kersen tersebut? mungkingkan buah kersen bakal diolah menjadi makanan super mewah hingga buahnya dihargai cukup mahal?

Baca Juga: Bukan Cuma Kopi, Rupanya Tiga Makanan dan Minuman ini Justru Ampuh Usir Kantuk, Apa Saja? 

Melansir dari healht.com, buah kersen yang kini bernilai hampir setengah juta perkilogram-nya itu ternyata memiliki manfaat yang tidak banyak orang tahu. Manfaat buah kersen bahkan tak diduga, mulai dari menyembuhkan diabetes militus hingga mengobati penyakit jantung.

Tak hanya dua manfaat tersebut, beberapa manfaat tak terduga juga terkandung dalam buah kersen. Selain buah, daun kersen juga kaya akan berbagai zat yang baik bagi kesehatan manusia.

via health.com

Buah kersen atau yang memiliki nama ilmiah Muntingia calabura L merupakan buah yang dulu mudah dijumpai di Indonesia. Meski terkesan diabaikan, namun tanaman ini memiliki banyak manfaat. Terlebih buahnya. Julia F Morton dalam bukunya “Fruits of Warm Climates”tahun 1987, menguraikan, setidaknya, ada 12 jenis senyawa yang terkandung dalam buah kersen.

Air sebanyak 77,8 g, serat: 4,6 g, vitamin C (antioksidan): 80.5 mg, lemak: 1,56 g. Tak hanya itu, kandungan lain seperti zat besi: 1,18 mg, karotin: 0,019 mg, protein: 0,324 g, fosfor: 84 mg, niacin: 0,554 mg, kalsium: 124,6 mg, vitamin B1(Tiamin): 0,065 mg, dan riboflavin: 0,037 mg juga terkandung dalam buah kersen.

Pasalnya, di beberapa negara para pakar kesehatan menyulap buah kersen ini sebagi obat dari berbagai macam penyakit. Selain itu, bagi yang tidak menyukai buah kersen, buah mungil ini juga ada yang diolah dalam bentuk vitamin.