Kerap Disepelekan, Jagung Manis Ternyata Punya Manfaat Mengejutkan, Bisa Jadi Obat Penyakit Berbahaya!!

via resepkoki.com

Serumpi.com – Jagung merupakan salah satu makanan yang mengandung cukup banyak nutrisi. Pada beberapa daerah di Indonesia, jagung masih biasa diolah menjadi makanan pengganti nasi. Bersifat mengenyangkan, jagung biasa diolah dalam berbagai bentuk menu dan olahan.

Sejauh ini, jagung hanya dianggap sebagai makanan yang bisa menggantikan peran nasi pada waktu-waktu tertentu. Selain itu, jagung juga biasa digunakan sebagai bahan dasar beberapa makanan ringan atau camilan.

Lepas dari manfaat dan kandungan yang dimilikinya, ternyata jagung merupakan salah satu makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan, lantaran beragam kandungan vitamin serta nutrisinya, jagung juga disebut bermanfaat untuk sebagai obat dari beberapa jenis penyakit.

Baca Juga: Pantes Perkilo Dihargai Rp 400 Ribu, Ternyata Ini Manfaat Mengejutkan dan Buah Kersen  

Seperti yang dilansir dari health.com, selain bisa diolah dan dijadikan menjadi masakan favorit, seperti bakwan jagung, kolak jagung, jagung rebus, jangung bakar dan perkedel jagung, jagung juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh.

Kandungan antioksidan pada jagung bisa meningkat saat dimasak dan antioksidan sehat ini dapat menjaga kesehatan jantung. Tak heran kalau para penderita jantung disarankan untuk rajin mengonsumsi makanan berbahan dasar jagung.

via alibata.com

Tak hanya itu, jagung juga mengandung lutein. Terutama jagung manis, pasalnya memiliki kemampuan untuk memperkuat saraf optik dan memperbaiki penglihatan. Kandungan tersebut berfungsi untuk menjaga kesehatan mata terutama bagi para penderita gangguan mata.

Bersifat mengenyangkan, jagung juga mengandung karbohidrat sehat. Meskipun bisa mengenyangkan dalam waktu yang lama, ternyata jagung bukanlah jenis makanan yang bisa menyebabkan kegemukan. Kandungan karbohidrat yang tinggi dan rendah lemak justru bisa menambah energi pada tubuh.

Lebih mengejutkan lagi dan nyaris tak banyak diketahui, ternyata banyak penelitian menunjukkan bahwa jagung mengandung fitonutrien sehingga bisa melawan sel penyebab kanker dalam tubuh manusia. Maka, tak heran kalau para pakar kesehatan menyarankan untuk menjadikan jagung sebagai salah satu menu utama pada makanan bagi penderita kanker.