Sering Dihindari Karena Bau, Makanan Satu ini Punya Segudang Manfaat Mengejutkan!!

via hellosehat.com

Serumpi.com – Beberapa makanan mungkin dihindari lantaran memiliki rasa atu bau yang kurang sedap. Hal tersebut rupanya juga berlaku pada makanan satu ini. Meski memiliki rasa yang cukup sedap jika diolah menjadi masakan istimewa, nyatanya makanan satu ini masih sering dihindari banyak orang lantaran aromanya.

Loading...

Ya, makanan tersebut tak lain adalah jengkol. Jengkol dikenal sebagi salah satu makanan yang kerap dihindari lantaran memiliki bau yang kurang sedap. Hampir sama dengan petai, efek dari konsumsi jengkol bisa dirasakan lewat bau mulut atau kencing yang kurang sedap.

Meski begitu, ternyata jengkol memiliki khasiat yang cukup mengejutkan bagi kesehatan. Kandugan yang dimiliki oleh jengkol rupanya memiliki manfaat dalam menyembuhkan beberapa jenis penyakit.

Baca Juga: Jarang yang Tahu, Ternyata inilah Kisah Menarik Dibalik Lubang Pada Donat

Seperti yang dilansir dari health.com, meski banyak yang menghindari, nyatanya tak sedikit pula orang yang menyukai jengkol. Pecinta makanan berbau kuat tersebut bahkan menyebut jengkol lebih nikmat dari daging.

Bagi sebagian orang yang menyukainya, termasuk beberapa artis tanah air, jika sudah dimasak dan dijadikan makanan dengan sambal bajak, jengkol rasanya luar biasa dan bikin nagih.

via winnet.com

Ngomongin soal jengkol, rupanya ada manfaat tersembunyi yang dimiliki oleh jengkol. Tak tanggung-tanggung, belum lama ini ada penelitian yang menyebut kalau jengkol memiliki kandungan yang dapat membunuh sel-sel kanker.

Lembaga kesehatan Swedia, Institute of Health Sciences, menyatakan jika jengkol memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik. Tak hanya mengandung protein, kalsium, fosfor dan zat besi, jengkol juga mengandung banyak vitamin.

Seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Senyawa yang terdapat dalam jengkol inilah yang bisa memberi manfaat pada tubuh termasuk membunuh sel kanker.

Jengkol terbukti secara sains memiliki dua manfaat untuk manusia dalam menghadapi sel kanker. Pertama, jengkol bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker. Kedua, jengkol mampu melawan sel kanker yang telah terlanjur tumbuh. Hal ini bisa menjadi alternatif pengobatan untuk kanker