Selain Ramah Lingkungan, Membungkus Makanan dengan Jaun Jati Ternyata Punya Manfaat Mengejutkan

via fimela.com

Serumpi.com – Pernah menemukan penjual makanan membungkus jualan mereka dengan daun jati? Jawabannya sudah pasti pernah. Beberapa wilayah di Indonesia, khususnya masyarakat Jawa masih banyak yang memanfaatkan daun jati sebagai bungkus nasi. Bahkan, jauh sebelum kertas menjadi pilihan untuk membungkus makanan daun jati merupakan alternatif yang dipilih masyarakat sebagai bungkus nasi.

Loading...

Selain ramah lingkungan, membungkus nasi menggunakan daun jati ternyata juga memiliki banyak keuntungan. Mulai dari aroma sedap yang tercipta pada makanan, hingga rasa khas yang hanya dimiliki oleh bungkus jati.

Baca Juga: Tengah Jalani Program Diet? Tiga Makanan ini Bisa Jadi Solusi Sarapan Sehat Anti Gemuk!!

Melansir dari brilio.net, daun jati dikenal dengan manfaatnya yang tinggi. Selain bisa digunakan sebagai ekstrak cairan antiseptik, daun jati juga bermanfaat untuk membungkus makanan. Nasi, tape ketan, bahkan aneka lauk bisa dibungkus dengan daun jati. Umumnya makanan tradisional seperti nasi pecel dan nasi jamblang disajikan dengan dibungkus daun jati.

Berbicara soal membungkus makanan dengan menggunakn daun jati, pasalnya makanan yang dibungkus dengan jaun jati memiliki aroma khas dan rasa yang jauh lebih sedap dibandigkan dengan makanan yang dibungkus menggunakan kertas. Aneka menu nasi tradisional yang dibungkus dengan daun jati akan terasa lebih istimewa karena aromanya yang menggugah selera.

via tribunnews.com

Tak hanya itu, lapisan daun jati yang cenderung lebih tebal daripada kertas mampu menjaga suhu pada makanan. Tekstur daun akan membuat makanan menjadi tahan dari udara luar dan lebih lama hangat. Kondisi tersebut juga membuat makanan akan lebih tahan lama dan tidak cepat basi.

Selain menjaga makanan dari suhu yang berubah-ubah, membungkus makanan dengan daun jati sudah pasti jauh dari bahan kimia. Alhasil, bukan hal yang salah kalau pada zaman dahulu makanan sangat jauh dari bahan kimia lantaran dibungkus dengan daun jati yang bersifat organik yang aman.