Hanya Tumbuh di Lereng Gunung Muria, Buah Langka ini Ternyata Punya Manfaat Mengejutkan

via health.com

Serumpi.com – Hidup di Indonesia memang sangat beruntung, iklim tropis dengan intensitas penyinaran matahari yang cukup membuat flora dan fauna hidup baik dan subur. Hampir di semua wilayah Indonesia memiliki flora dan fauna yang sangat beragam.

Loading...

Nah, salah satu jenis flora yang hanya tumbuh di wilayah tertentu adalah buah parijoto. Pasalnya, buah parijoto ini tidak bisa ditemui di sembarang tempat lantaran hanya tumbuh di lereng Gunung Muria.

Sekilas buah parijoto mungkin terlihat biasa dan tergolong buah langka. Namun siapa sangka, kalau buah yang memiliki tekstur kecil tersebut ternyata memiliki manfaat luar biasa. Bahkan, buah langka tersebut kini menjadi buronan banyak orang lantaran khasiatnya.

Baca Juga: Sutopo Purwo Nugroho Meninggal Karena Kanker Paru-paru, 5 Tokoh ini Juga Alami Hal yang Sama

Melansir dari grid.id, Parijoto merupakan buah yang tumbuh subur di kawasan gunung muria, dan khasiat parijoto ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan manusia. Pasalnya, khasiat parijoto, buah lokal asal daerah Kudus, Jawa Tengah ini mampu mencegah kanker payudara dan mengatasi masalah kehamilan.

Meski memiliki manfaat yang sangat mengejutkan bagi dunia kesehatan, nyatanya buah ini lebih dikenal di kalangan lokal dibandingkan di luar negeri. Tanaman Parijoto merupakan salah satu dari sekian banyak tanaman lokal yang tak banyak dikenal oleh masyarakat luar. Di luar negeri, Parijoto dikenal sebagai tanaman hias.

via okezonelifestyle.com

Beberapa hasil penelitian menjelaskan bahwa daun buah parijoto diketahui mengandung senyawa tanin, flavanoid dan saponin yang memiliki aktivitas antioksidan, antibakteri dan antikolesterol. Kandungan tersebut memiliki manfaat luar biasa dalam membunuh sel kanker.

Selain itu, buah parijoto juga memiliki peran dalam menurunkan kadar gula dalam darah. Tak heran, kalau pakar kesehatan belakangan ini menyarankan penderita diabetes untuk mengonsumsi ekstrak buah parijoto dalam bentuk air rebusannya.