Tak Melulu Rokok, Minuman Satu ini Ternyata Juga Bisa Sebabkan Kanker

via alodokter.com

Serumpi.com – Belakangan ini kanker paru-paru menjadi trending topik di kalangan masyarakat Indonesia. Bukan tanpa alasan, semakin banyaknya penderita kanker paru-paru membuat para pakar kesehatan semakin memperhatikan penyakit satu ini. Bahkan, data menyebutkan jika kanker paru-paru menjadi salah satu penyebab tertinggi kematian para penderita kanker. Kondisi tersebut membuat masyarakat dihimbau untuk selalu berhati-hati dalam demi menghindari kanker paru-paru.

Loading...

Berbicara tentang kanker paru-paru, pasalnya pola hidup menjadi salah satu pemicu kenapa penyakit tersebut bisa bersarang di tubuh manusia. Kebiasaan merokok masih menjadi penyebab kanker paru-paru yang cukup fatal. Parahnya, bukan hanya para perokok aktif yang berpotensi terkena kanker paru-paru melainkan perokok pasif juga berpotensi terserang kanker paru-paru.

Kendati demikian, nyatanya rokok bukanlah satu-satunya penyebab kenapa kanker bisa bersarang di tubuh manusia. Ada beberapa makanan dan minuman yang disebut bisa menjadi pemicu kanker paru-paru. Lebih mengejutkannya lagi, makanan dan minuman tersebut menjadi salah satu kegemaran masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Sekilas Namanya Hampir Sama, Macaron dan Macaroon Ternyata Dua Jenis Kue Berbeda, Cek Faktanya!!

Melansir dari health.com, peneliti menemukan jika kanker paru tak melulu mesti dihubungkan dengan rokok. Bahkan mungkin tak menduga jika minuman yang kerap diasosiasikan dengan trend justru memiliki kaitan dengan penyakit mematikan ini. Kopi minuman satu ini ternyata memiliki kemungkinan meningkatkan risiko kanker paru.

via detikhealth.com

Lebih jauh lagi, para peneliti menemukan bahwa minum dua atau lebih cangkir kopi atau teh dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker paru-paru.  Mengejutkannya, kopi tanpa kafein justru meningkatkan risiko kanker paru 15 persen lebih tinggi dari kopi biasa.

Namun masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk mengetahui lebih pasti tentang hubungan kopi dengan kanker paru. Sebab secara garis besar sebenarnya kopi juga memiliki kaitan menurunkan risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara dan tumor otak. Artinya, meski kopi disebunt menjadi salah satu pemicu kanker paru-paru, namun untuk beberapa jenis kanker yang lain kopi justru berfungsi sebagai obat.