Bukan Hanya Rokok, 3 Makanan yang Dianggap Enak ini Juga Sebabkan Kanker Paru

via hellosehat.com

Serumpi.com – Kabar duka datang dari Sutopo Purwo Nugroho. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas (Pusdatinmas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini tutup usia pada Minggu (7/7/2019) ketika menjalani pengobatan di China.

Loading...

Sebelumnya, Sutopo diketahui menderita kanker paru-paru stadium 4. Namun, Sutopo rupanya bukan perokok aktif yang selama ini sering dikaitkan dengan penyakit yang merenggut nyawanya.

Melansir dari grid.id, selain rokok, ada 3 jenis makanan yang dapat menyebabkan kanker paru-paru. Parahnya, 3 jenis makanan tersebut justru makanan yang sering dianggap enak oleh sebagian besar orang Indonesia. Apa saja?

1. Makanan dengan Lemak Jenuh

via persagibandung.org

Journal of Clinical Oncology yang terbit pada tahun 2017 menyebutkan jika makanan dengan lemak jenuh meningkatkan resiko kanker paru. Hal ini bisa ditemui pada perokok aktif dan orang yang baru berhenti merokok.

Baca Juga : Sutopo Purwo Nugroho Meninggal Karena Kanker Paru-paru, 5 Tokoh ini Juga Alami Hal yang Sama

2. Karbohidrat Olahan

via merdeka.com

Banyak yang mengira  jika karbohidrat olahan seperti roti dapat menjadi makanan pengganti yang mengenyangkan. Namun, pada faktanya roti justru mengandung lebih banyak gula yang dapat menaikkan kadar gula dalam darah. Lambat laun, kadar gula yang tinggi dapat memicu peradangan yang menjadi salah satu penyebab kanker paru-paru.

3. Daging Bakar

via hellosehat.com

Segala jenis daging yang dibakar dapat meningkatkan resiko kanker pankreas, payudara dan paru-paru. Saat proses pembakaran, hidrokarbon polisiklik bisa saja masuk dalam daging yang kemudian memicu kanker. Selain itu, proses pembakaran daging berlemak rupanya dapat melepaskan zat karsinogenik.

Itulah tadi 3 jenis makanan yang sering dianggap enak tapi justru menjadi memicu kanker. Oleh karenanya, lebih berhati-hati dalam memilih makanan akan sangat membantu menjaga kesehatan Anda. Selain itu, perbanyaklah konsumsi sayur dan buah karena sayur dan buah mengandung cukup serat serta antioksidan yang memperkecil kemungkinan kanker.