Stop Kebiasaan Minum Dingin Saat Musim Panas, Ternyata ini Akibatnya Bagi Kesehatan Tubuh!!

via lifestyleokezone.com

Serumpi.com – Belakangan ini hampir sebagian besar wilayah di Indonesia tengah mengalami musim kemarau. Musim yang identik dengan tingginya suhu udara di siang hari serta rendahnya suhu udara di malam hari membuat cuaca sedikit kurang nyaman. Terik panas yang begitu menyengat membuat keinginan untuk minum semakin meningkat. Terlebih minum minuman dingin untuk melepas dahaga di tengah musim panas seperti saat ini.

Mulai dari air tawar dingin, hingga beragam es dan minuman dingin lainnya seakan menjadi pilihan yang sangat tepat untuk menyiram tenggorakan. Terutama bagi mereka yang memiliki rutinitas di luar ruangan cukup tinggi. Sudah bukan hal baru lagi kalau air dingin adalah satu-satunya pilihan untuk melepas dahaga.

Sayangnya, terlalu banyak minum minuman dingin di tengah terik musim panas bukanlah hal yang dianjurkan. Ada banyak alasan kenapa para pakar kesehatan justu menghimbau untuk membatasi minum minuman dingin saat musim panas berlangsung. Benarkah minum minuman panas saat musim panas menimbulkan efek kurang baik bagi kesehatan?

Baca Juga: Tengah Jalani Program Diet? Tiga Makanan ini Bisa Jadi Solusi Sarapan Sehat Anti Gemuk!!

Melansir dari health.com, kebiasaan minum minuman dingin pada musim panas ternyata justru akan membahayakan kesehatan. Minuman dingin atau es saat memasuki lambung akan membawa empat jenis konsekuensi yang cepat dan buruk, apalagi meminumnya pada musim panas. Meminumnya secara berlebihan akan menyebabkan pengenceran air dalam tubuh, yang menyebabkan rentan terhadap sengatan panas.

via radarmalang.com

Hal tersebut menyebabkan kontraksi spasmodik pada saluran pencernaan dan menyebabkan gejala seperti sakit perut hingga diare. Bukan tanpa alasan, pasalnya ketika minum minuman beku seperti es, suhu dalam tubuh akan turun tiba-tiba, diakumulasi dalam panas di beberapa bagian tubuh yang tidak bisa dihilangkan sehingga menggandakan serangan panas.

Kondisi tersebut juga menjadi salah satu pemicu tubuh lebih mudah terdehidrasi. Tak heran, kalau para pakar kesehatan justru lebih menyarankan untuk memperbanyak minum air putih dengan suhu normal. Selain untuk menghindari dehidrasi, air putih pada suhu normal juga berperan untuk mestabilkan suhu tubuh dengan suhu lingkungan yang panas.