Nyaris Tak Ada yang Tahu, 4 Buah ini Ternyata Ampuh Atasi Nyeri Haid

via hellosehat.com

Serumpi.com – Haid merupakan siklus bulanan yang selalu dialamin oleh setiap wanita. Menjadi rutinitas yang hadir setiap satu bulan sekali, masa-masa haid tak jarang menganggu aktivitas beberapa wanita khususnya yang memiliki rutinitas cukup padat. Tak hanya itu, rasa nyeri yang kerap dirasakan ketika datang bulan juga membuat beberapa wanita merasa kurang nyaman.

Rasa nyeri pada saat haid memang tak selalu dirasakan oleh wanita yang tengah datang bulan. Beberapa orang bahkan nyaris tak pernah merasakan nyeri pada saat haid. Kendati demikian, tak sedikit pula wanita yang sampai pingsan lantaran tak tahan dengan nyeri yang datang pada saat haid.

Melansir dari health.com, ternyata rasa nyeri saat menstruasi tersebut disebabkan oleh senyawa Prostaglandin. Dalam kadar konsentrasi yang tinggi, Prostaglandin dapat memicu rasa sakit yang berkelanjutan. Akibatnya muncul reaksi penolakan alami dari dalam tubuh, seperti rasa nyeri yang kita alami.

Nah, untuk mengatasai hal tersebut, sebenarnya sudah ada obat-obat tertentu yang bisa dikonsumsi. Sayangnya, obat-obatan tersebut cenderung menyebabkan ketergantungan dan tidak baik jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meringankan nyeri saat haid adalah dengan memanfaatkan buah-buahan. Penasaran apa saja jenis buah-buahannya? Yuk simak ulasan berikut ini!!

Baca Juga: Kerap Diabaikan, Kesalahan saat Memasak Nasi ini Ternyata Bisa Berakibat Fatal Bagi Kesehatan

1. Alpukat

vai kompas.com

Kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi, alpukat ternyata mampu meredakan nyeri saat haid. Cukup mengonsumsinya langsung atau dijadikan jus, buah satu ini sangat cocok dikonsumsi saat haid.

2. Pisang

via hellosehat.com

Memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, ternyata pisang juga sangat ampuh untuk meredakan nyeri haid. Pisang kaya akan potassium, mangan, magnesium, folat, dan vitamin yang mengandung serat tinggi.

3. Nanas

vua hallosehat.com

Buah nanas mengandung banyak vitamin C dan zat mangan yang berperan mengurangi rasa nyeri saat menstruasi.

4. Jeruk

via hallosehat.com

Selain kaya akan vitamin c, jeruk juga kaya akan kalsium yang mampu mengurangi rasa nyeri dan kram saat menstruasi, juga berfungsi untuk membuat rileks otot-otot sekitar perut