Kerap Disepelekan, Cara Menyimpan Sayuran Seperti ini Ternyata Sangat Berbahaya Bagi Kesehatan

via blogholiday.com

Serumpi.com – Sayuran menjadi salah satu sumber makanan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Memiliki beragam kandungan vitamin serta mineral, sayuran seakan tak lepas dari daftar menu makan sehat yang direkomendasikan. Beberapa sayuran bahkan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari demi menjaga stamina pada tubuh.

Loading...

Sayangnya, sejauh ini masih banyak orang yang belum paham perihal cara menyimpan sayuran yang benar. Beberapa sayuran yang dibeli dari toko atau pasar biasanya disimpan dalam kantong kresek. Selain lebih praktis, membawa barang belanjaan dengan menggunakan kantong kresek seakan menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan.

Baca Juga: Kerap Disangka Bikin Gemuk, Makanan Satu ini Ternyata Lebih Sehat daripada Beras Merah

Melansir dari health.com, selain bahaya terhadap lingkungan yang ditimbulkan oleh plastik, ternyata menyimpan sayuran di dalam kantong plastik juga berbahaya untuk sayuran itu sendiri. Bukan tanpa alasan, beberapa pakar kesehatan pasalnya sudah melakukan penelitian perihal bahaya menyimpan sayuran di dalam kantong plastik.

Seperti diketahui, kantong plastik tidak punya pori-pori yang menjadi jalur sirkulasi udara. Padahal, sayuran juga butuh bernapas serta mengeluarkan gas tertentu. Kondisi tersebut akan membuat sayuran lebih cepat layu dan kehilangan kesegarannya.

via grid.id

Tak hanya itu, plastik sendiri terbuat dari zat sintetis atau tidak alami. Pada proses pembuatannya, pabrik mengombinasikan beragam jenis bahan kimia. Beberapa di antaranya bukan bahan kimia food grade dan berbahaya bagi kesehatan seperti bisphenol A dan phthalates.

Alhasil, saat disimpan di dalam kantong plastik, ada kemungkinan zat kimia ini akan mencemari sayuran. Penelitian bahkan menyebutkan kalau zat-zat ini bisa berdampak pada kerusakan genetik, pubertas dini, dan perubahan hormon. Lepas dari kandungan plastik yang disinyalir bisa menghilangkan kandungan pada sayuran. Higienitas pada pembuatan palstik juga menjadi faktor yang perlu dipertimbangkan.

Kurangnya perhatian terhadap kebersihan saat mengolah plastik juga menjadi salah satu penyebab hilangnya nutrisi pada sayuran. Terlebih jika sayuran disimpan dengan menggunakan plastik daur ulang. Beberapa kandungan racun yang ada dalam plastik tersebut membuat sayuran menjadi terkontaminasi.