Sering Dibuang, Bagian dari Buah dan Sayur Ini Ternyata Punya Manfaat Mengejutkan

via detikhealth.com

Serumpi.com – Sayur dan buah merupakan dua jenis makanan sehat yang selalu dianjurkan untuk rutin dikonsumsi. Selain sebagai asupan vitamin dan mineral, sayur dan buah memiliki kandungan gizi kompleks yang dibutuhkan oleh tubuh. Maka, tak heran kalau para pakar kesehatan kerap menganjurkan untuk rutin menyertakan sayur dan buah pada menu makanan sehat.

Loading...

Sayangnya, sejauh ini masih banyak orang yang kurang paham perihal cara mengolah sayur dan buah dengan baik. Beberapa orang bahkan terbiasa membuang bagian-bagian tertentu pada buah atapun sayur. Padahal, bagian yang biasa dibuang tersebut ternyata justru memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh.

Baca Juga: Kerap Disangka Bikin Gemuk, Makanan Satu ini Ternyata Lebih Sehat daripada Beras Merah

Melansir dari health.com, tanpa disadari beberapa orang kerap memilih untuk membuang beberapa bagian dari sayur dan buah tanpa pikir panjang. Alasannya sederhana, hanya lantaran tidak berguna atau dan tidak enak untuk dimakan. Ternyata, menurut pakar kesehatan beberapa bagian dari sayur dan buah yang kerap dibuang tersebut justru baik dikonsumsi lantaran memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

1. Biji pada buah labu kuning kerap dianggap sebagai bagian sisa yang tak layak dimakan, pada biji labu mengandung vitamin yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol.

via medium.com

2. Biasa dibuang, siapa sangka kalau batang brokoli memiliki banyak manfaat untuk tubuh karena mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang diperlukan tubuh.

via detikhealth.com

3. Kulit kentang memang memiliki kandungan vitamin, mineral dan zat besi. Sayangnya, sejauh ini belum ada yang memanfaatkan kulit kentang untuk dikonsumsi.

via detikhealth.com

4. Jarang diketahui dan biasa dibuang, apel sebenarnya sangat baik dikonsumsi dengan kulitanya lantaran mengandung antioksidan yang berperan penting dalam menjaga kesehatan paru-paru dan otak.

via health.com

5. Memiliki kandungan senyawa flavon polmoksilasi di dalamnya yang mampu mencegah penyakit jantung dan radang dalam tubuh. Kulit sitrus dapat dimanfaatkan sebagai campuran dalam jus.

via health.com