Mengungkap Fakta tentang Brown Sugar, Benarkah Lebih Sehat dari Gula Putih?

via grid.id

Serumpi.com – Sebagai sumber utama rasa manis pada makanan dan minuman, gula menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi masyarakat Indonesia. Tak heran, kalau gula akan dengan mudah ditemukan di pasaran. Selama ini, masyarakat mungkin hanya mengenal gula putih sebagai pilihan mereka untuk dijadikan pemanis, namun siapa sangka kalau ternyata ada jenis gula lain selain gula putih.

Loading...

Gula tersebut tak lain adalah brown sugar. Sesuai namanya, brown sugar memiliki warna coklat dan lebih gelap daripada gula putih. Meski tidak terlalu banyak ditemukan di pasaran, namun beberapa daerah justru lebih memilih menggunakan brown sugar tersebut untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Nah, berbicara perihal brown sugar, pasalnya gula yang kerap dianggap memiliki warna kurang menarik tersebut justru disebut lebih sehat daripada gula putih. Beberapa pakar kesehatan juga menyarankan untuk menggunakan brown sugar pada kondisi tertentu.

Baca Juga: Hati-hati, Ini Akibatnya Jika Terlalu Sering Konsumsi Makanan Pedas, Fatal!

Seperti yang dilansir dari health.com, gula cokelat alias brown sugar pada dasarnya adalah gula yang warnanya menjadi cokelat karena pemberian molase, yakni cairan dari tetes tebu saat membuat gula pasir. Normalnya, molase dipisahkan dan dihilangkan saat produksi gula. Pada awalnya yang disebut brown sugar – terutama yang merujuk pada “gula tebu (raw sugar)” – adalah gula yang belum sepenuhnya disuling.

Akan tetapi, kebanyakan produsen memilih untuk menambahkan kembali molase ke gula pasir yang sudah disuling. Jumlah molase yang ditambahkan berkisar 5-10 persen, sehingga warna dan ukuran kristal dari hasil akhi gula lebih bisa dikontrol.

via dayliacitivity.com

Menurut Departemen Pertanian AS, brown sugar mengandung 17 kilokalori per sendok teh, sedangkan gula pasir mengandung 16 kilokalori. Karena adanya molase, gula coklat mengandung beberapa mineral, seperti kalsium, potassium, zat besi, dan magnesium. Kandungan tersebut tidak ditemukan pada gula pasir. Kendati demikian, lantaran kandungan molasenya sangat sedikit maka tidak ada manfaat kesehatan secara khusus dari brown sugar.