Jarang Diketahui, Membungkus dan Merebus Makanan ini dengan Plastik Ternyata Berakibat Fatal Bagi Kesehatan

via cookpad.com

Serumpi.com – Dewasa ini, plastik seakan menjadi salah satu kebutuhan manusia yang sulit dihilangkan. Berperan sebagai pembungkus, plastik memang sangat bermanfaat lantaran bisa menjadi alternatif dalam menunjang kebutuhan manusia. Pasalnya, hampir semua makanan atau kebutuhan akan aman dan terjaga jika dibungkus dengan plasti. Terutama dari debu dan kotoran yang bisa hinggap kapan saja.

Loading...

Sayangnya, plastik tak selamanya memiliki manfaat seperti yang banyak dikira oleh masyarakat. Bahkan, dibalik manfaat yang dimilikinya plastik juga menyimpan dampak kurang baik bagi kesehatan. Terutama bagi mereka yang belum paham perihal cara menggunakan plastik yang baik.

Salah satu yang biasa dilakukan masyarakat adalah membungkus lontong dengan plastik. Proses perebusan beras menjadi lontong dengan menggunakan plastik pasalnya bisa menimbulkan bahaya yang cukup fatal bagi kesehatan. Lalu benarkah jika menggunakan plastik sebagai pembungkus lontong saat direbus menjadi pemicu kanker?

Baca Juga: Hati-hati, Ini Akibatnya Jika Terlalu Sering Konsumsi Makanan Pedas, Fatal!

Melansir dari health.com, selain mudah untuk didapatkan, membuat lontong dengan plastik bening juga praktis karena cukup memasukkan beras ke dalam plastik tersebut dan menusuk plastik dengan garpu saat merebusnya. Setelah matang, maka lontong siap untuk disajikan dalam makanan lezat seperti lontong sayur, gado-gado, atau bahkan sate.

sajiansedap.com

Sayangnya, plastik yang dipakai saat merebus beras menjadi lontong tersebut ternyata memiliki titik leleh yang rendah. Hal tersebut membuat kandungannya bisa meleleh dan tercampur pada lontong yang kita konsumsi. Padahal, semakin sering mengonsumsi lontong yang dibungkus dengan plastik, maka bahan kimia dari plastik akan masuk ke dalam tubuh dan bisa menyebabkan datangnya penyakit seperti kanker atau gangguan kesuburan.

via health.com

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyarankan  untuk tidak lagi mengonsumsi lontong yang diolah dengan plastik, apalagi jika plastik ini berjenis LDPE yang memiliki titik leleh yang rendah. Alangkah lebih baik jika memilih lontong yang diolah dengan menggunakan daun pisang yang jauh lebih aman dan sehat.