Terungkap Kenapa Hampir Tulisan Dokter Selalu Jelek, Ternyata Inilah Alasannya!!

via okezonelifestyle.com

Serumpi.com – Mungkin selama ini banyak yang bertanya-tanya kenapa tulisan dokter identik dengan kata jelek. Sudah bukan hal baru lagi, tulisan dokter memang terlihat sangat jelek dan berantakan. Bahkan, lantaran tulisannya yang terlihat abstrak hampir tak ada satupun pasien yang bisa membaca tulisan dokter tersebut.

Ngomongin soal tulisan dokter yang terlihat jelek dan selalu susah dibaca, benarkah kalau hal tersebut memang disengaja? Banyak anggapan yang menyebut jika tulisan dokter sengaja dibuat jelek dan berantakan dengan alasan dan tujuan tertentu. Salah satunya adalah agar resep yang diberikan oleh dokter tidak bisa dicontek orang lain, terutama pasien.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Membungkus dan Merebus Makanan ini dengan Plastik Ternyata Berakibat Fatal Bagi Kesehatan

Melansir dari grid.id, tidak banyak orang tahu mengapa tulisan tangan para dokter jelek. Bahkan saking jeleknya, tulisan tangan dokter kerap disebut ceker ayam. Banyak orang yang tidak bisa membaca perihal kata atau kalimat yang dituliskan oleh dokter. Tapi siapa sangka, ada alasan mengapa tulisan dokter memang ‘dibuat’ jelek.

via brilio.net

Usut punya usut, tulisan dokter sengaja dibuat jelek lantaran apa yang mereka tulis bersifat rahasia. Rahasia yang dimaksud adalah resep dokter tidak boleh diketahui sembarang orang. Pasalnya, resep dokter hanya boleh diketahui sang dokter dan juga farmasi yang bertugas. Maka tak heran meski tidak banyak orang yang bisa membacanya, namun para apoteker mampu mengartikan tulisan dokter dengan mudah.

Menurut web Faculty of Medicine for Doctors and Medical Students, tulisan dokter yang ‘ceroboh’ bahkan bisa saja membahayakan para pasiennya. Selain itu, kesibukan dokter saat menangani pasien juga menjadi alasan kenapa tulisan dokter selalu jelek. Banyaknya pasien yang harus mereka periksa membuat dokter harus cepat menulis resep. Minimnya waktu yang mereka punya ini akhirnya membuat tulisan dokter menjadi terlihat ‘asal’ dan sulit dibaca.