Hati-hati, Ternyata Segini Batasan Jumlah Daging yang Bisa Dikonsumsi Tubuh dalam Sehari

via suryatribunnews.com

Serumpi.com – Euforia peringatan hari raya Idul Adha masih menelimuti seluruh umat muslim di dunia. Sesuai dengan nama lainnya yang disebut Idul Kurban, pada perayaan hari raya Idul Adha, umat muslim yang mampu dianjurkan untuk mengeluarkan kurban berupa sapi atau kambing. Praktis, pada perayaan hari raya Idul Adha identik dengan pesta daging yang dirasakan oleh semua umat islam di dunia.

Berbicara soal banyaknya daging pada saat perayaan Idul Adha, beberapa orang akan mengolah daging dalam berbagai bentuk olahan. Mulai dari bakso, rawon, rendang, dan berbagai bentuk menu lainnya. Sayang, jumlah daging yang banyak dan bisa didapatkan dengan gratis tersebut justru membuat beberapa orang lupa. Terlebih soal berapa jumlah daging yang bisa dikonsumsi dalam sehari.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Membungkus dan Merebus Makanan ini dengan Plastik Ternyata Berakibat Fatal Bagi Kesehatan

Melansir dari health.com, daging mengandung semua asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu perbaikan dan mengganti jaringan dan sel yang rusak. Asam amino tersebut tidak diproduksi oleh tubuh sehingga harus mendapatkannya dari makanan. Nah, sejauh ini kandungan asam amino yang paling banyak diketahui terdapat pada daging sapi.

Protein hewani yang terkandung pada daging sangat lengkap dibanding dengan protein yang terdapat dari tumbuhan (protein nabati). Daging juga mengandung zat besi yang penting untuk kesehatan reproduksi. Zat besi heme pada daging lebih mudah diserap dan dicerna oleh tubuh dibanding dengan zat bes non-heme dari tumbuhan.

via lifestyle.com

Kendati demikian, ada batasan tertentu dalam mengonsumsi daging. Pasalnya, meski daging memiliki kandungan gizi yang cukup kompleks, namun terlalu banyak mengonsumsi daging justru bisa membahayakan kesehatan tubuh. Tak tanggung-tanggung, dampak paling fatal yaitu dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker usus besar karena daging banyak mengandung lemak jenuh.

Health Harvard Education merekomendasikan banyaknya daging merah yang aman dikonsumsi sekitar 50 sampai 100 gram (setara 1,8 sampai 3,5 ons daging) per hari. Tak hanya itu, selain memperhatikan jumlahnya, jenis daging yang dikonsumsi juga harus selalu diperhatikan. Misalnya, dengan memilih potongan daging merah tanpa lemak.