Sekilas Hanya Dipandang Sebelah Mata, Tumbuhan Liar ini Ternyata Kaya akan Manfaat 

via doktersehat.com

Serumpi.com – Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang kaya akan kekhasan flora dan faunanya. Suhu udara, intensitas penyinaran matahari, serta kesuburan tanah yang ideal memudahkan tumbuhnya beragam jenis flora. Tak heran, jika hampir semua tempat di Indonesia memiliki jenis flora yang sangat beragam. Menariknya lagi, dari sekian jenis flora yang tumbuh di Indonesia, tak sedikit flora yang tumbuh liar di tengah hutan.

Loading...

Salah satu tumbuhan khas Indonesia yang dengan mudah tumbuh liar di hutan adalah lempuyang. Sekilas lempunyang memang hanya dipandang sebagai tumbuhan yang tumbuh liar begitu saja. Namun siapa sangka, kalau tumbuhan yang banyak ditemukan di hutan-hutan Indonesia tersebut ternyata memiliki manfaat yang sangat luar biasa.

Baca Juga: Hati-hati, Ternyata Segini Batasan Jumlah Daging yang Bisa Dikonsumsi Tubuh dalam Sehari

Seperti yang dilansir dari health.com, lempuyang adalah salah satu tanaman yang termasuk dalam jenis rempah-rempah dari keluarga Zingiberaceae (tanaman berbunga). Dalam bahasa Inggris tanaman ini dikenal dengan nama Bitter ginger. Di Indonesia dikenal dengan nama Lempuyang atau puyang.

Lempuyang sendiri terbagi menjadi tiga jenis, yaitu Lempuyang emprit atau pahit, lempuyang wangi, dan lempuyang gajah. Ketiga jenis lempuyang ini bisa kita bedakan dari ciri fisiknya. Pasalnya, lempuyang emprit dan lempuyang gajah memiliki sedikit kemiripan. Hanya saja, lempuyang gajah berukuran lebih besar, sedangkan lempuyang wangi terlihat seperti jahe.

via health.com

Lempuyang wangi juga sering disebut sebagai jahe liar atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Wild ginger. Sejauh ini, lempuyang wangi mulai banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan dasar pembuatan jamu.

Meski sekilas terlihat sebagai tamanan liar, nyatanya lempunya memiliki beragam manfaat bagi manusia. Pasalnya, selain dimanfaatkan sebagai obat tradisional, rempah ini juga bisa digunakan untuk bumbu masak dan juga tanaman hias.

Menurut pakar kesehatan dunia, lempuyang memiliki khasiat yang sangat baik untuk tubuh. Salah satunya dalam memperlambat pertumbuhan kanker. Hal ini dikarenakan dalam jenis lempuyang wangi ada zat bernama Zarumbone yang dipercaya kaya akan antioksidan yang baik untuk mencegah kanker. Penelitian menemukan sifat antimikroba dari ekstrak rimpang lempuyang wangi berpotensi untuk mengobati sejumlah penyakit infeksi.