Mengungkap Fakta Tanaman Bajakah, Tumbuhan yang Mendadak Viral Usai Disebut Bisa Sembuhkan Kanker

via grid.id

Serumpi.com – Belakangan ini, publik tengah dihebohkan oleh penemuan kayu yang disebut bisa menjadi obat kanker. Seperti diketahui, sejauh ini kanker menjadi salah satu penyakit ganas yang kerap merenggut nyawa manusia. Menyerang sistem kekebalan pada tubuh, memang masih belum ditemukan obat yang benar-benar bisa membunuh sel kanker secara totalitas dari tubuh penderitanya. Maka, tak heran jika penemuan kayu bajakah tersebut santer menjadi perhatian para pakar kesehatan Tanah Air maupun dunia.

Loading...

Pasalnya, kayu yang disebut mampu membunuh sel kanker tersebut bernama kayu bajakah. Tumbuhan yang hidup di hutan Kalimantan tersebut selama ini hanya dikenal sebagai tumbuhan liar biasa. Bahkan, masyarakat sama sekali tidak menyadari jika kayu tersebut memiliki beberama manfaat yang luar biasa.

Baca Juga: Hati-hati, Ternyata Segini Batasan Jumlah Daging yang Bisa Dikonsumsi Tubuh dalam Sehari

Melansir dari health.com, menurut fakta tanaman bajakah, tumbuhan asal Kalimantan Tengah ini mengandung beberapa zat yang bisa menyembuhkan kanker. Tanaman bajakah diketahui mampu membunuh sel kanker melalui peneliat sejumlah siswa dari salah satu SMA di Kalimantan.

Usut punya usut, meski tumbuh liar di dalam hutan namun selama ini penduduk asli Kalimantan Tengah tepatnya suku Dayak disebut sudah biasa menggunakan bajakah sebagai bahan pengobatan kanker. Hanya saja, mereka menggunakan kayu bajakah sebagai obat dengan cara yang sangat sederhana atau tradisional.

via teknotempo.com

Meski dianggap sangat berkhasiat, nyatanya banyak orang menghubungkan bajakah dengan hal mistis. Hal tersebut diungkap Herlina, guru pembimbing Karya Ilmiah Remaja SMA 2 Palangkaraya yang sukses menemukan kandungan antioksidan pada kayu bajakah.

“Tanaman ini selalu diidentifikasi dengan mistik. Namun, berdasarkan hasil laboratorium yang kami uji, kandungan dalam tanaman ini memang dapat menyembuhkan kanker,” kata Herlina dikutip dari berbagai sumber.

Setelah sempat viral, beberapa pakar kesehatan pun melakukan pengujian laboratorium terhadap kayu bajakah. Mengejutkannya, kayu yang biasa tumbuh liar di hutan Kalimantan tersebut memiliki kandungan yang cukup kompleks. Bukan hanya antioksidan, tanaman bajakah diketahui mengandung beberapa zat, diantaranya saponin, fenolik, steroid, terpenoid, tannin, alkonoid, dan terpenoid. Zat-zat tersebut diketahui bisa menjadi zat penyembuh kanker