Stop Menjemur Pakaian di Dalam Ruangan, Cek Dampak Fatal yang Mengancam Kesehatan!

via liputan6.com

Serumpi.com – Menjemur pakaian menjadi salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia. Selain bertujuan untuk mengeringkan, menjemur pakaian juga berfungsi untuk menghindari agar pakaian yang akan dikenakan kembali tidak kusut atau kotor. Tak heran, kalau sejauh ini menjemur pakaian tidak selalu di tempat terbuka, terutama saat musim hujan tiba. Beberapa orang bahkan terbiasa menjemur pakaian di dalam ruangan.

Loading...

Sayangnya, menjemur pakaian di dalam ruangan bukanlah hal yang dianjurkan. Pasalnya, menjemur pakaian di dalam ruangan justru memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Tak heran, kalau belakangan ini para pakar kesehatan mulai menghimbau masyarakat untuk tidak menjemur pakaian di dalam ruangan.

Baca Juga: Mengungkap Fakta Tanaman Bajakah, Tumbuhan yang Mendadak Viral Usai Disebut Bisa Sembuhkan Kanker

Seperti yang dilansir dari health.com, penelitian yang dilakukan oleh tim dari Mackintosh School of Architecture di Skotlandia, menemukan bahwa menjemur pakaian di dalam ruangan akan meningkatkan kelembaban udara sampai 30%. Berdasarkan survei terhadap 100 rumah yang dilakukan, hampir tiga perempat rumah memiliki tingkat kelembaban yang bisa memicu pertumbuhan kuman dan tungau.

Lebih mengejutkannya lagi, spora yang tumbuh pada baju yang dijemur di dalam ruangan dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Terlebih spora atau jamur seringkali tidak kasat mata atau sulit ditemukan oleh mata telanjang. Alhasil, banyak orang yang tidak menyadari keberadaan spora maupun jamur pada pakaian yang mereka gunakan.

via health.com

Pasalnya, orang yang menghirup spora akan terbantu berkat sistem kekebalan tubuh dengan batuk atau bersin, sehingga tak membuat spora masuk lebih jauh ke dalam tubuh. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah dan sensitif, maka mereka akan dengan mudah mengalami reaksi alergi yang berbeda.

Tak hanya itu, menjemur pakaian dalam ruangan juga berisiko menempelkan polutan atau polusi dalam ruangan yang membuat racun berbahaya masuk ke dalam tubuh. Lebih parah lagi,  menjemur pakaian dalam ruangan juga berisiko menjadi tempat nyamuk berkembang biak, terutama nyamuk penyebab demam berdarah dan malaria.