Jadi Ibu Kota Baru Indonesia, Inilah 5 Kuliner khas di Penajam Paser Utara Kalimantan Timur

via travelling.com

Serumpi.com – Melalui keputusan resmi yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo, rencana pemindahan ibukota Indonesia akhirnya sah ditetapkan. Bukan lagi Jakarta, kini ibukota Indonesia berpindah di Kalimantan Timur. Pemindahan ibukota negara tersebut praktis menarik perhatian banyak pihak, terutama masyarakat Indonesia. Salah satu hal yang cukup menarik perhatian adalah karakteristik dan kondisi daerah baru yang kini menjadi ibukota negara.

Loading...

Disebut sebagai wilayah yang memiliki resiko becana cukup minim, presiden Jokowi menjadikan Kabupaten Penajam Paser Utara serta Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai ibukota baru Indonesia. Ada beberapa hal unik yang perlu diketahui oleh masyarakat perihal dua kabupaten di Kalimantan Timur tersebut, salah satunya adalah kuliner khas yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat.

Melansir dari brilio.net, Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara terkenal dengan ragam budaya yang khas. Keindahan alam dua kabupaten di timur Kalimantan ini juga siap untuk memanjakan mata. Banyak pepohonan hijau yang rindang, apalagi Kalimantan dikenal memiliki banyak hutan hujan tropis.

Kabupaten ini juga berbatasan dengan laut yang semakin menambah keindahan wisatanya. Menariknya lagi, selain budaya dan sumber daya alam saja yang menjadi daya tarik kabupaten ini, Penajam Paser Utara juga memiliki ragam kuliner khas yang siap memanjakan lidah.  Penasaran? Yuk simak ulasannya!

Baca Juga: Sekarang Jadi Favorit Banyak Orang, Siapa Sangka Sederet Makanan ini Diciptakan Tanpa Sengaja

1. Dikenal dengan nama Jenderal Mabok, makanan yang  terbuat dari susu, telur dan gula serta memiliki tekstur cenderung lunak ini biasanya banyak muncul saat bulan Ramadhan.

via genpi.co

2. Cimi-cimi merupakan makanan ringan yang terbuat dari tepung terigu dan telur. Makanan ini banyak dijual di pasar tradisional maupun supermarket dan biasa dijadikan sebagai teman minum teh.

via cookpad.com

3. Ponta merupakan singkatan dari Podangan Ketan. Makanan ini dibuat dari ketan yang masih muda dan diolah dengan cara disangrai. Ponta semakin lezat dengan dilengkapi kelapa serta gula merah.

via brilio.net

4. Gula jengkol merupakan gula merah yang dicetak dengan cetakan yang bentuknya mirip jengkol dan merupakan makanan khas daerah Penajam Paser Utara. 

via travelling.com

5. Dampo durian ini terbuat dari buah durian murni tanpa tambahan bahan apapun yang dipanaskan di atas bara api.  

via cookpad.com