Terbiasa Menyilangkan Kaki Saat Duduk? Hati-hati, Cek Dampak Mengejutkannya!!

via health.com

Serumpi.com – Bagi beberapa orang, gaya duduk menunjukkan kepribadian mereka. Beberapa ahli psikologi bahkan bisa menilai kepribadian seseorang lewat gaya dan kebiasaan duduknya. Nah, salah satu gaya duduk yang kerap dilakukan oleh sebagian orang adalah dengan menyilangkan kaki. Selain karena terbiasa, menyilangkan kaki saat duduk memang menggambarkan kondisi tubuh yang tengah rileks.

Loading...

Sayanganya, gaya duduk yang digemari oleh banyak orang khususnya orang Indonesia tersebut justru memiliki dampak yang mengejutkan. Terlihat lebih rileks dan enjoy, pasalnya kebiasaan menyilangkan kaki saat duduk bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Beberapa pakar kesehatan bahkan menyarankan untuk mulai mengubah gaya duduk tersebut.

Baca Juga: Sekarang Jadi Favorit Banyak Orang, Siapa Sangka Sederet Makanan ini Diciptakan Tanpa Sengaja

Seperti yang dilansir dari health.com, menjadi kebiasaan hampir sebagai orang di belahan dunia, tahun 2010 sebuah penelitian membuktikan jika duduk lama dengan kaki bersilang bisa menyebabkan tekanan darah meningkat. Tak tanggung-tanggung, resiko tersebut pasalnya juga berlaku pada seseorang yang sebelumnya tak pernah memiliki masalah dengan tekanan darah.

via she.id

Usut punya usut, saat seseorang meletakkan satu lutut di atas lutut yang lain bisa mengirim darah dari kaki ke dada dan menghasilkan jumlah darah yang lebih besar yang dipompa keluar dari jantung. Hal ini menyebabkan aliran darah yang terjadi di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Alhasil, persimpangan kaki yang lama akhirnya bisa membuat otot paha bagian dalam lebih pendek dan otot paha bagian luar lebih lama.

Tak hanya itu, duduk menyilangkan kaki juga dapat menyebabkan sakit punggung dan sakit leher pada sebagian besar orang. Hal tersebut terjadi karena karena postur tidak ideal sebagai pinggul berada dalam posisi bengkok. Kondisi tersebut juga menjadi penyebab tulang tidak bertumbuh dengan baik, terutama bagi orang yang sedang berada pada usia pertumbuhan. Well, mulai sekarang mulai ubah gaya duduk dengan menyilangkan kaki ya!!