Yakin Mau Pasang AC di Kamar Bayi? Sebaiknya Perhatikan Hal Ini Dulu

via popmama.com

Serumpi.com – Suhu udara yang panas membawa banyak sekali pengaruh untuk kesehatan manusia, terutama bayi. Menurut American SID Institute, kegerahan yang dialami oleh bayi tidak boleh dianggap sepele. Karena hal itu bisa saja meningkatkan risiko terjadinya sindrom tentang kematian mendadak.

Loading...

Karena belum bayi belum dapat mengatasi suhu tubuhnya sendiri, penting untuk bisa mengatur suhu ruangan di sekitar bayi agar dapat nyaman. Tidak kedinginan bahkan kepanasan. Jika cuaca sangat panas, bisa mendinginkan suhu ruangan. Melansir dari popmama.com, berikut ini adalah hal penting yang harus diketahui ketika membiasakan anak kecil dengan menggunakan AC.

Berapa Suhu Udara yang Nyaman untuk Bayi?

Menurut Centers for Disease Control, penggunaan AC memberikan perlindungan serta mengurangi risiko terkena gangguan kesehatan hingga kematian mendadak yang berhubungan dengan kepanasan.

via popmama.com

Suhu udara yang direkomendasikan aman bagi bayi antara 18-21° Celcius. Rentangan suhu udara ini bisa membantu bayi tidur lebih nyenyak serta beraktivitas dengan nyaman.

Risiko Kesehatan

Tinggal di wilayah tropis, udara di Indonesia memang cenderung hangat bahkan panas. Apalagi jika tinggal di kota-kota yang memiliki iklimnya panas, seperti Jakarta, Bali, Jogja, atau Makassar. Untuk menyiasati supaya udara tetap dingin, orangtua memasang AC di kamar bayi.

via popmama.com

Namun, penggunaan AC  memiliki risiko bagi kesehatan. lewat artikel yang diterbitkan Northwestern University’s Medill School menyebutkan bahwa suhu ruang yang rendah dapat menyebabkan bayi mengalami hipotermia. Hipotermia adalah kondisi saat tubuh sulit mengatasi suhu dingin yang ditandai dengan suhu tubuh bayi kurang dari 36,5° Celcius.

Selain menyebabkan terjadinya hipotermia, AC dikhawatirkan meningkatkan risiko penyebaran kuman dan virus, terutama virus penyebab influenza.

via popmama.com

Tips aman Menggunakan AC di Ruangan untuk Bayi ternyata sangat simple. Untuk mencegah hal-hal yang bisa mengganggu kesehatan bayi, sebaiknya AC jangan dipasang berhadapan dengan ranjang bayi. Hembusan angin yang kuat membuat bayi tidak nyaman bahkan terkena hipotermia.