Sama-sama Telur, Mana yang Lebih Banyak Nutrisinya Antara Telur Ayam dan Telur Bebek? Yuk Simak Ulasannya!

via health.com

Serumpi.com – Telur merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan protein cukup tinggi. Seperti diketahui, kandungan protein pada telur sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tak heran, kalau telur disarankan untuk dijadikan sebagai daftar konsumsi makanan sehat. Para pakar kesehatan juga menyarankan untuk mengonsumsi telur sedikitnya satu butir dalam seminggu.

Loading...

Berbicara tentang telur dan kandungan gizinya, ada banyak jenis telur yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Mulai dari telur ayam, telur bebek, serta telur puyuh. Meski sama-sama berasal dari unggas, nyatanya masing-masing jenis telur tersebut memiliki kandungan gizi yang berbeda.

Nah, diantaran telur yang banyak dikonsumsi adalah telur ayam dan telur bebek. Telur ayam biasanya dikonsumsi dalam berbagai bentuk olahan, baik dikonsumsi sebagai lauk ataupun sebagai campuran bentuk makanan lain. Sedangkan telur bebek, biasanya dikonsumsi dalam bentuk telur asin. Lalu, antara telur ayam dan telur bebek, manakah sebenarnya yang lebih banyak nutrisinya?

Baca Juga: Sekarang Jadi Favorit Banyak Orang, Siapa Sangka Sederet Makanan ini Diciptakan Tanpa Sengaja

Melansir dari health.com, sama-sama kerap dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, ternyata telur ayam maupun telur bebek, keduanya mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh, tapi dengan kadar yang berbeda. Pasalnya, ada beberapa kandungan nutrisi yang berbeda pada baik pada telur bebek maupun pada telur ayam.

Sebutir telur bebek biasanya lebih kecil daripada telur ayam, tapi tetap memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak. Telur bebek mengandung 189 kalori, 13,1 gram protein, dan 0,8 gram karbohidrat. Kandungan lemak total pada telur bebek sekitar 14,3 gram dengan 3,6 gram lemak jahat dan 10.7 lemak baik.

via tokopedia.com

Sedangkan untuk telur ayam, mengandung 12,8 gram protein dan 0,7 gram karbohidrat. Kandungan lemak total pada telur ayam sekitar 11,5 gram yang terbagi dari 3 gram lemak jahat dan 7,5 gram lemak baik. Tak hanya itu, telur ayam juga mengandung 54 miligram kalsium, 180 miligram fosfor, 3 miligram zat besi, dan 0,1 miligram vitamin B12.

via tribunnews.com

Jika dibandingkan dari segi nutrisi, kadar nutrisi telur bebek lebih banyak daripada telur ayam. Artinya, telur bebek lebih banyak mengandung kalsium, zat besi, dan vitamin B12. Namun, perlu diperhatikan bahwa telur bebek juga mengandung karbohidrat dan lemak yang lebih banyak, sehingga harus memperhatikan jumlah konsumsinya.