Hati-hati, Kebiasaan Meniup Lilin Ulang Tahun Ternyata Bisa Memicu Gangguan Kesehatan

via health.com

Serumpi.com – Sudah bukan hal baru lagi, prosesi tiup lilin saat merayakan ulangtahun merupakan kebiasaan yang sulit dihilangkan. Kerap diartikan sebagai bentuk ucapan syukur serta ritual sebelum berdoa, biasanya orang yang berulangtahun akan meniup lilin yang ditancapkan di kue. Tak hanya satu dua lilin, bahkan dewasa ini semakin beragam bentuk lilin yang biasa disematkan di kue ulangtahun untuk ditiup sambil menyanyikan lagu.

Loading...

Namun siapa sangka, kalau kebiasaan meniup lilin yang sudah melekat pada masyarakat di seantero dunia justru bisa memicu gangguan kesehatan. Sayangnya hal tersebut masih belum disadari oleh banyak orang. Tak heran, kalau sejauh ini budaya tiup lilin saat perayaan ulangtahun masih terus dilakukan oleh berbagai kalangan dan generasi.

Baca Juga: Sekarang Jadi Favorit Banyak Orang, Siapa Sangka Sederet Makanan ini Diciptakan Tanpa Sengaja

Melansir dari health.com, dalam laporan penelitian terbitan Journal of Food Research diketahui bahwa napas manusia mengandung bakteri dan partikel debu yang disebut bioaerosols. Praktis, partikel tersebut dapat berpindah ke permukaan kue ketika seseorang meniup lilin ulang tahun.

Setidaknya dalam satu kali tiupan bisa memicu peningkatan pertumbuhan bakteri di kue sebanyak 1400 persen. Jenis bakteri yang tumbuh di atas kue pun beragam. Hal tersebut menjadi alasan kuat mengapa para peneliti selalu menghimbau agar lebih berhati-hati dalam meniup lilin ulangtahun. Pasalnya, kebiasaan meniup lilin ulangtahun yang ditancapkan pada kue akan beresiko menyababkan infeksi udara.

via doktersehat.com

Bukan tanpa alasan, seperti diketahui mulut manusia sebenarnya dipenuhi oleh bakteri baik dan buruk. Bakteri baik membantu tubuh untuk melawan patogen yang menyebabkan infeksi penyakit. Sebaliknya, bakteri buruk dapat menyebabkan sejumlah infeksi, seperti radang tenggorokan dan infeksi telinga. Keduanya merupakan penyakit menular, terutama bakteri yang keluar saat kondisi tubuh sedang tidak sehat.

Usut punya usut, ternyata proses meniupkan udara dari mulut seperti saat meniup lilin ulangtahun berarti mengeluarkan udara kotor dari mulut. Alhasil, bukan tidak mungkin kalau bakteri jahat yang bisa menularkan penyakit akan ikut keluar saat meniup lilin ulangtahun.