Kembali Menyerang Ria Irawan, Ini 4 Fakta Kanker Kelenjar Getah Bening Yang Perlu Kamu Ketahui

via liputan6.com

Serumpi.com – Ria Irawan merupakan salah seorang survivor kanker yang sempat dinyatakan sembuh. Ia divonis menderita kanker di tahun 2014 silam, namun berhasil sembuh setelah menjalani rangkaian pengobatan. Kisah perjuangannya melawan kanker pun menjadi inspirasi bagi penderita kanker lainnya.

Loading...

Sempat sembuh dan hidup normal, kini Ria Irawan dikabarkan drop kembali. Kondisi kesehatannya tiba-tiba anjlok karena kanker yang sempat disebut hilang kini kembali aktif dan menyerang otak serta paru-paru. Ria bahkan harus belajar berbicara karena sel kanker di otak dan tumbuhnya tumor di kepalanya.

Baca Juga : Putuskan Menjadi Mualaf, Terungkap Potret Calon Suami Marcella Simon yang Ternyata Seorang Polisi

Kembali menyerang Ria Irawan usai dinyatakan menghilang, sebenarnya seperti apa kanker kelenjar getah bening itu? Cek 4 faktanya berikut.

1. Terdiri dari Dua Jenis Kanker

via kumparan.com

Sel kanker kelenjar getah bening ternyata ada dua jenis, yakni yang langsung menyerang kelenjar getah bening dan yang menyerang secara tak langsung. Jenis kanker yang tak langsung menyerang ke kelenjar getah bening umumnya menyerang organ lain terlebih dahulu dan baru menyerang kelenjar getah bening di tahap selanjutnya.

Untuk mengetahui jenis kanker secara pasti, harus dilakukan biopsi. Yakni pengambilan sedikit jaringan yang terkena kanker untuk kemudian diteliti di bawah mikroskop.

2. Muncul Benjolan

via detik.com

Tanda awal kemunculan kanker kelenjar getah bening adalah benjolan di beberapa tempat. Benjolan bisa terletak di ketiak, pangkal paha, atau leher. Namun, yang paling sering terjadi adalah benjolan di leher yang disertai dengan demam ringan, serta berkeringat di malam hari.

3. Lokasi Kanker

via tribunnews.com

Seperti yang dibahas sebelumnya, kelenjar getah bening paling umum ditandai dengan benjolan di leher. Namun, bisa saja kanker ini menyerang organ lain terlebih dahulu. Jika kanker berawal di paru-paru, maka penderita akan merasakan sesak nafas yang makin bertambah dari hari ke hari.

Selain paru, organ lain yang sering diserang kanker kelenjar getah bening untuk pertama kali adalah hati. Gejala yang ditimbulkan umumnya sama dengan penyakit ringan sehingga sering kali diabaikan, yakni perut merasa begah, diare, dan berat badan turun drastis.

4. Teknik Pengobatan

via kompas.com

Sama seperti kanker pada umumnya, teknik pengobatan untuk kanker kelenjar getah bening adalah dengan kemoterapi. Hanya saja kanker kelenjar getah bening biasanya dibantu dengan teknik radiasi yang diarahkan pada benjolan yang menjadi sarang kanker.

Itulah tadi 4 fakta tentang kelenjar getah bening yang harus Anda ketahui. Selain fakta di atas, perlu juga Anda ketahui jika segala jenis kanker umumnya disebabkan oleh pola hidup tidak sehat. Jadi, mulailah hidup sehat dari sekarang dan sayangi tubuh Anda.