Hobi Menggunakan lipstik? Hati-hati Ada Bahaya Tersembunyi yang Mengancam Tubuh!

via femina.com

Serumpi.com – Dewasa ini, lipstik menjadi salah satu kebutuhan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia terutama kaum wanita. Termasuk salah satu alat kosmetik yang berperan penting dalam menunjang penampilan, belakangan ini mulai banyak muncul beragam jenis merk lipstik. Mulai dari yang harganya murah sampai harga fantastis, segala jenis merk lipstik saat ini akan dengan mudah ditemui di Indonesia.

Loading...

Sayangnya, banyak yang belum sadar kalau terlalu sering menggunakan lipstik ternyata bisa berakibat kurang baik bagi kesehatan. Tak heran, kalau ada beberapa jenis lipstik yang dilarang untuk digunakan secara bebas lantaran bisa membahayakan jika terus menerus digunakan.

Baca Juga: Hati-hati, Kebiasaan Meniup Lilin Ulang Tahun Ternyata Bisa Memicu Gangguan Kesehatan

Melansir dari health.com, Lipstik bagi setiap wanita adalah salah satu rutinitas yang wajib dilakukan setiap hari sebelum melakukan kegiatan apapun. Bahkan, bagi beberapa wanita lipstik menjadi salah satu bagian penting dari penampilan mereka sehingga wajib digunakan sebelum keluar rumah.

Namun perlu diperhatikan, jika menggunakan lipstik dalam jangka waktu yang lama sangat tidak dianjurkan. Bukan tanpa alasan, menggunakan lipstik dalam jangka waktu yang lama berpengaruh bagi kesehatan terutama kesehatan bibir.

via instagram.com

Cukup banyak wanita yang tidak sadar kalau bahan kimia yang terdapat dalam lipstik yang sering dipakai bisa masuk ke dalam tubuh. Tidak hanya saat makan atau minum saja, bahan kimia lipstik juga bisa masuk saat tanpa disadari kamu sedang mnejilat bibir. Hal tersebut ditandai dengan semakin memudarnya warna lipstik pada bibir.

Sayangnya saat warna lipstik terasa pudar, kebanyakan wanita justru mengoleskan lipstik kembali, sehingga dikhawatirkan akan menelan lebih banyak bahan kimia tersebut.Times of India menyebutkan bahwa di dalam lipstick terdapat beberapa kandungan logam layaknya cadmium atau aluminium.

Permasalahannya adalah, kedua bahan kimia tersebut bisa berubah menjadi racun saat bersentuhan dengan azam atau enzim di dalam lambung. Banyak penelitan yang mengungkapkan bahwa bahan kimia dari lipstik perlahan-lahan bisa berdampak meracuni dan perlahan-perlahan memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.