Jarang Diketahui, Kondisi Tidur Seperti ini Ternyata Bisa Menyebabkan Kegemukan

via hellosehat.com

Serumpi.com – Tidur merupakan salah satu istirahat paling baik bagi manusia. Selain mengistirahatkan badan secara kasat mata, tidur juga menjadi waktu terbaik bagi anggota-anggota tubuh penting untuk berhenti melakukan tugas beratnya. Sebut saja jantung, ginjal, hingga paru-paru. Pada saat tidur, secara otomatis kerja organ vital tersebut akan lebih ringan dan melakukan istirahat. Tak heran, kalau pakar kesehatan memberikan jangka waktu tertentu demi mendapatkan pola tidur yang berkualitas.

Loading...

Sayangnya, sejauh ini masih banyak orang yang kurang paham perihal bagaimana pola tidur berkualitas. Salah satunya adalah perihal penggunaan lampu saat tidur. Alih-alih memberikan efek kurang baik bagi tubuh, nyatanya masih banyak orang yang membiarkan lampu tetap menyala saat tidur. Lebih mengejutkannya lagi, tidur dengan lampu menyala ternyata juga bisa menyebabkan kegemukan.

Baca Juga: Hati-hati, 4 Makanan ini Sebaiknya Jangan Dimakan Sebelum Naik Pesawat

Seperti yang dilansir dari health.com, para peneliti menyebut bahwa hubungan kegemukan dengan lampu menyala saat tidur bisa  berkaitan dengan cahaya buatan membuat seseorang lebih mudah terjaga. Jika sudah begitu, makan tubuh akan lebih mudah lapar karena hormon yang dilepaskan ketika merasa lelah. Akibatnya, keinginan untuk makan pun semakin tidak terkontrol.

via godok.com

Selain itu, para peneliti mencatat faktor lain seperti paparan cahaya buatan di malam hari mencerminkan gaya hidup tidak sehat. Penelitian ini mendapatkan beberapa tanggapan dari para ahli lain. Salah satunya Profesor Malcolm von Schantz dari University of Surrey.

Kita tahu bahwa cahaya pada malam hari akan menunda jam tubuh kita. Kita tahu dari penelitian eksperimental bahwa cahaya pada malam hari mempengaruhi metabolisme kita dengan cara yang konsisten dengan peningkatan risiko sindrom metabolik,” ujar Profesor Malcolm dilansir dari berbagai sumber.

Berdasarkan penelitian tersebut, para pakar kesehatan menyarankan untuk selalu tidur dalam kondisi lampu tidak menyala terutama bagi para pelaku diet. Selain mencegah kenaikan berat badan, kondisi lampu tidak menyala juga membuat tidur lebih berkualitas.