5 Merk Obat Asam Lambung yang Berpotensi Sebabkan Kanker, Cek Obat Asam Lambungmu!

via detik.com

Serumpi.com – Penyakit asam lambung merupakan penyakit umum bagi semua kalangan. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, rasanya sangat sulit menghindari penyakit jenis ini. Pasalnya, penyakit asam lambung disebabkan oleh berbagai faktor yang sering kita lakukan, misalnya saja telat makan, begadang, hobi makanan pedas, dan stress.

Loading...

Jika asam lambung sudah kambuh, maka cara yang biasa ditempuh penderita untuk meringankannya adalah dengan mengkonsumsi obat penurun asam lambung. Namun, Anda yang memiliki kebiasaan ini baiknya berhati-hati mulai dari sekarang. Ada beberapa obat penurun asam lambung yang memang mampu bekerja efektif, tapi berisiko menyebabkan kanker jika dikonsumsi jangka panjang.

Baca Juga : Karena Mengandung Racun Sianida, Waspadalah Ketika Tak Sengaja Mengunyah 5 Biji Buah Ini

Obat asam lambung yang dimaksud tak lain adalah Ranitidin. Obat dengan kandungan ini memiliki N-nitrosodimenthylamine (NDMA), yakni senyawa yang bersifat karsinogen alias memicu kanker. Jumlah NDMA dalam Ranitidin memang tergolong sedikit, namun tetap saja mengkhawatirkan jika masuk dalam tubuh.

Kabar Ranitidin sebagai obat yang menyebabkan kanker pertama kali muncul setelah BPOM Amerika Serikat, atau Food and Drug Administration (FDA) melakukan penelitian. Tak menunggu lama, BPOM kemudian langsung mengambil tindakan sosialisasi pada tenaga medis. Sosialisasi tentang bahaya Ranitidin ini sudah dilakukan sejak September silam. Hanya saja, pemberitaannya baru viral sekarang.

via grid.id

BPOM sendiri sudah membekukan izin edar beberapa merek obat yang mengandung Ranitidin. BPOM memberi waktu 80 hari kerja pada produsen dan distributor untuk menarik beberapa merk obat yang dilarang edar. Beberapa merk yang dimaksud antara lain:

  1. Ranitidin cairan injeksi 25 mg/mL
  2. Zantac Cairan Injeksi 25 mg/mL
  3.  Rinadin Sirup 75 mg/5 mL
  4. Indoran Cairan Injeksi 25 mg/mL
  5. Ranitidin Cairan Injeksi 25 mg/mL

Itulah tadi 5 merk obat Ranitidin yang tak aman dan dicabut ijin edarnya. Selain 5 obat di atas, maka obat penurun asam lambung masih dikatagorikan aman. Namun, lebih baik Anda menghindari faktor pencetus asam lambung agar tak mengkonsumsi obat penurun asam lambung berlebihan.