Bukan Menyehatkan, Konsumsi Vitamin Berlebihan Ternyata Berbahaya Bagi Tubuh

via liputan6.com

Serumpi.com – Vitamin merupakan salah satu suplemen yang disarankan untuk dikonsumsi secara teratur. Memiliki manfaat yang cukup beragam bagi tubuh, sejauh ini banyak sekali jenis vitamin yang bisa dikonsumsi. Disajikan dalam berbagai bentuk mulai dari tablet hingga cair, vitamin biasanya dijual di apotek atau dapat direkomendasikan oleh dokter dan ahli kesehatan.

Loading...

Alih-alih memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan dianjurkan untuk dikonsumsi secara teratur, ternyata berlebihan dalam mengonsumsi vitamin juga bukanlah hal yang dibenarkan. Para pakar kesehatan bahkan menyebut jika berlebihan dalam mengonsumsi vitamin bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Baca Juga: Sering Dipilih Jadi Santapan Makan Malam, Makanan ini Ternyata Berbahaya Bagi Tubuh

Melansir dari health.com, vitamin yang ada pada makanan merupakan kebutuhan tubuh yang harus dipenuhi. Sesuai dengan fungsinya, vitamin dapat melancarkan sirkulasi darah hingga menambah energi dan stamina. Namun, konsumsi vitamin yang berlebihan juga menimbulkan bahaya tersendiri. Perlu diketahui juga, bahwa jenis vitamin yang berbeda juga memiliki efek yang berbeda bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan.

Vitamin A atau sering disebut hypervitaminosis A dapat membantu mengatasi masalah gangguang pada penglihatan, sakit tulang, dan perubahan kulit. Kendatik demikian, kelebihan vitamin A kronis juga dapat menyebabkan kerusakan liver, meningkatkan tekanan pada otak, osteoporosis, kelebihan kalsium yang terbangun di dalam tubuh, hingga kerusakan ginjal akibat kelebihan kalsium.

via popmama.com

Berbeda lagi dengan konsumsi berlebih terhadap vitamin B yang terdiri dari B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan B12. Pasalnya, konsumsi berlebih terhadap vitamin-vitamin tersebut dapat menyebabkan gejala seperti kulit memerah, kerusakan liver, hingga merusak sistem saraf.

Tak hanya itu, berlebihan dalam mengonsumsi vitamin C juga memiliki efek kurang baik bagi kesehatan. Vitamin C sering dikonsumsi lantaran memiliki banyak manfaat, termasuk membantu menjaga sel agar tetap sehat, menjaga kulit sehat, pembuluh darah, tulang, dan membantu penyembuhan luka. Namun, konsumsi berlebih terhadap vitamin C dapat menyebabkan sakit perut, diare, dan perut kembung.