Mulai dari Usir Diabetes Hingga Kanker, Inilah 5 Manfaat Kunyit Jika Dicampur Lada Hitam

via tribunnews.com

Serumpi.com – Kunyit memang sudah lama dikenal sebagai bahan alami yang dapat dijadikan beragam obat. Oleh karena itu, kunyit sering dijadikan sebagai bahan baku jamu tradisional. Namun, masing banyak yang tak sadar khasiat kunyit bisa ditingkatkan jika dicampur dengan lada hitam.

Lantas, apa saja manfaat kunyit jika dicampur lada hitam? Berikut beberapa daftar manfaatnya yang dijamin bikin kamu takjub!

1. Kanker

via tribunnews.com

Kunyit memiliki kandungan curcumin yang dapat menghambat dan membunuh sel kanker secara perlahan. Kandungan ini memiliki fungsi yang sama dengan piperin pada lada hitam. Oleh karena itu, mencampurkan kunyit dan lada hitam bisa lebih ampuh untuk mengatasi beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara, usus, dan leukimia.

Baca Juga : Biasanya Buat Kobokan, Ternyata Daun Ini Mengandung Manfaat Untuk Kesuburan Reproduksi

2. Depresi

via suara.com

Campuran lada hitam dan kunyit rupanya ampuh untuk mengatasi depresi. Hal ini dikarenakan kunyit dan lada hitam menekan kadar serotonin dan dopamin dalam otak. Jika dua senyawa tersebut ditekan, maka gejala depresi seperti, tak nafsu makan, mudah marah, kelelahan, dan gangguan tidur juga akan menghilang.

3. Meredakan Nyeri

via investor.id

Kunyit sudah lama dikenal sebagai anti inflamasi, melawan infeksi, dan mempercepat penyembuhan luka. Jika dikombinasikan dengan lada hitam, kunyit juga dapat mengurangi rasa nyeri pada sendi.

4. Kesehatan Hati

via medicom.id

Curcumin pada kunyit mampu melindungi hati dari racun. Hal ini sangat penting mengingat fungsi utama hati adalah menetralisir racun. Sementara lada hitam memiliki kandungan biovailabilitas glutathione yang melindungi hati dari kerusakan di tingkat sel.

5. Mencegah Diabetes

via hellosehat.com

Selain dapat mencegah kanker, piperin dan curcumin juga mampu mencegah kerusakan pembuluh darah serta mengontrol kadar gula. Oleh karena itu, campuran kunyit dan lada hitam sangat dianjurkan bagi penderita diabetes dan orang-orang yang memiliki faktor resiko diabetes.

Itulah tadi deretan manfaat kunyit jika dicampur lada hitam. Manfaatnya lebih dari sekedar kunyit tanpa lada hitam, bukan?