Catat Ini! 5 Bahan Makanan Sumber Zat Besi yang Banyak Dijual di Pasar

via popmama.com

Serumpi.com – Zat besi merupakan salah satu mineral yang sangat diperlukan bagi ibu hamil. Karena zat besi berfungsi membentuk sel darah merah (eritrosit).  Pada ibu hamil, kebutuhan zat besi mengalami peningkatan hingga 2-3 kali lipat. Hal tersebut karena pertumbuhan janin serta bertambahnya volume darah hingga 35%.

Untuk itu, disarankan untuk memenuhi asupan zat besi bagi ibu yang sedang hamil. Sebenarnya zat besi mudah didapat, karena banyak bahan makanan yang mengandung zat besi. Melansir dari popmama.com, berikut ini adalah deretan makanan yang mengandung banyak zat besi.

1. Asparagus

via popmama.com

Sayur ini lebih sering dimasak menjadi sup asparagus. Ssparagus memiliki kandungan mikronutrien seperti zat besi, zinc dan riboflavin. Asparagus juga mengandung banyak vitamin K, yang mempunyai fungsi berperan aktif dalam pembekuan darah serta mampu menjaga kesehatan tulang.

2. Beras merah

via popmama.com

Beras merah diklaim memiliki banyak manfaat disbanding beras putih. Kandungan mineral pada beras merah seperti zat besi, zinc, dan mangan bermanfaat meningkatkan stamina tubuhbagi ibu hamil.

3. Daging sapi

via popmama.com

Daging merah adalah salah satu sumber terbaik untuk memenuhi kebutuhan zat besi pada ibu hamil. Untuk ibu hamil, disarankan mengonsumsi daging sapi sekitar 65 gram daging sapi.

4. Edamame

via popmama.com

Edamame biasasanya dinikmati dengan cara direbus. Edamame memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh ibu hamil karena mengandung sumber zat besi, magnesium, serat, folat, mangan, zinc, protein, karbohidrat, vitamin A, B, C, E, dan K hingga protein asam amino.

5. Telur

via popmama.com

Telur bisa menjadi sumber makanan kaya mineral seperti zat besi dan vitamin B. Kandungan zat besi pada satu butir kuning telur 1,08 mg (6 % dari kebutuhan harian). Rutin mengonsumsi telur selama kehamilan bisa meningkatkan sistem produktivitas tubuh.