Manfaat Tak Terduga Kapur Tulis, Hilangkan Noda Minyak Hingga Karat!

via ceritamenarik.com

Serumpi.com – Kapur tulis, siapa yang tak mengenal benda satu ini? Generasi 90-an atau yang lebih tua dari itu pasti akrab dengan alat tulis yang satu ini. Kapur tulis dulunya dijadikan sebagai alat untuk menulis di sekolah-sekolah dan jika sudah pendek akan dijadikan mainan lempar-lemparan. Masih ingat?

Rupanya, kapur tulis ini bukan hanya menjadi teman nostalgia masa kecilmu, namun juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kehidupan sehari-hari. Lantas apa saja manfaatnya? Simak penjelasannya berikut!

1. Menghilangkan Noda Minyak

via penjagarumah.com

Pernah tak sengaja menumpahkan makanan berminyak pada pakaian? Anda pasti tahu bagaimana sulitnya menghilangkan noda tersebut. Nah, sebenarnya noda minyak tersebut bisa Anda hilangkan hanya dengan bantuan kapur tulis.

Baca Juga : Catat Ini! 5 Bahan Makanan Sumber Zat Besi yang Banyak Dijual di Pasar

Caranya, gosokkan kapur pada kain yang terkena minyak. Tunggu selama 10 menit dan bersihkan sisa kapur dengan detergen. Setelah itu, cuci pakaian seperti biasanya.

2. Menjaga Perhiasan Tetap Berkilau

via liputan6.com

Kilau perhiasan yang terbuat dari perak memang kadang menghilang seiring dengan berjalannya waktu. Jika sudah demikian, coba ambil kapur dan sikat halus. Tumbuk kapur hingga halus dan aplikasikan pada perhiasan menggunakan sikat.

3. Anti Karat

via dream.co.id

Karat bisa saja muncul akibat efek oksidasi yang dipicu kelembapan udara. Untuk menjaga perkakas atau benda lain yang terbuat dari besi dari serangan karat, Anda bisa mencoba menggunakan kapur tulis. Caranya, cukup letakkan kapur tulis di tempat ANda menyimpan perkakas dan ganti ketika diperlukan.

4. Memperindah Kuku

via fimela.com

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperindah tampilan kuku, termasuk pula perawatan mahal di salon kecantikan. Nah, mulai sekarang Anda juga bisa mendapatkan kuku yang indah hanya dengan bantuan kapur tulis. Cukup haluskan kapur tulis dan aplikasikan pada kuku menggunakan sikat.

Itulah tadi rentetan manfaat kapur yang sering diabaikan. Jadi, masih mau mengabaikan alat tulis yang dipandang jadul ini?