Benarkah Kacamata Hitam Bisa Menangkal Sinar Matahari? Cek Faktanya!

via lifestyle.com

Serumpi.com – Kacamata menjadi salah satu bagian dari gaya hidup yang mulai banyak diminati oleh beberapa kalangan. Bukan lagi sekedar alat bantu penghilatan bagi pemilik gangguan mata, kacamata kini justru lebih lekat dengan dunia fashion. Tak heran, kalau akhirnya banyak muncul beragam bentuk dan varian kacamata.

Salah satu kacamata yang kerap dipilih adalah kacamata hitam. Biasa digunakan saat berada di luar ruangan, pasalnya kacamata hitam dinilai efektif menangkal bahaya sinar matahari. Terutama saat suasana sedang terik, tak sedikit orang yang memilih untuk mengenakan kacamata sebagai alat pelindung dari sinar matahari. Lalu benarkah jika kacamata hitam tersebut memang efektif untuk menangkal sinar matahari?

Baca Juga: Berhenti Simpan Makanan di Kulkas dengan Kantong Plastik, Cek Bahayanya!

Melansir dari healthdetik.com, tidak semua jenis kacamata hitam dapat melindungi mata dari sinar UV yang keras. Bagi masyarakat Indonesi, yang perlu diperhatikan bahwa kacamata hutam yang dibutuhkan adalah kacamata yang mampu memblokir setidaknya 99 persen radiasi UVA dan UVB matahari.

Jika diperhatikan, ada beberapa kacamata hitam yang menawarkan perlindungan 100 persen dari radiasi UVA / UVB dan ada juga yang menawarkan 100 persen perlindungan UV 400. Para ahli mengklaim, bahwa kedua kacamata hitam ini dapat melindungi mata dari radiasi berbahaya.

via bukalapak.com

Tak hanya itu, perlu juga diperhatikan bahwa semakin gelap lensa bukan berarti semakin baik menangkal lebih banyak sinar UV ke mata. Beberapa ahli juga mengatakan, bahwa harga bukan merupakan faktor yang memengaruhi kemampuan kacamata hitam untuk melindungi mata dari radiasi berbahaya.

Lantaran hal tersebut, para pakar menyarankan untuk menggunakan kacamata hitam yang direkomendasikan oleh tenaga medis. Pasalnya, Kacamata hitam yang direkomendasikan oleh ahli kesehatan memiliki tingkat perlindungan jauh lebih baik dibandingkan dnegan kacamata hitam yang biasa dijual di pasaran.